Sukses

Konsultasi Secara Online Jadi Solusi Tuntaskan Masalah Gigi Selama Masa Pandemi

Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 (BKGN) dari Pepsodent bisa konsultasi kesehatan gigi dan mulut secara gratis. Konsultasi tersebut bakal dilakukan oleh tenaga profesional melalui platform WhatsApp Tanya Pepsodent.

Liputan6.com, Jakarta Pandemi virus corona Covid-19 juga berdampak kepada aktivitas masyarakat dalam memeriksakan kesehatan gigi. Bagaimana tidak, mereka takut tertular virus Covid-19, sebaliknya dokter pun demikian.

Maka dari itu, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) mengimbau masyarakat untuk membatasi pemeriksaan ke dokter gigi, meski tidak dilarang. Walaupun harus ke dokter gigi harus melihat kasus yang bersifat emergensi.

Perlu diketahui, jika masyarakat tetap ingin periksa ke dokter gigi, berikut beberapa instruksi PDGI dan ciri-ciri pasien yang diperbolehkan untuk ke dokter gigi.

Memastikan pasien dan dokter sehat

Perlu diketahui, virus corona bisa menyebar melalui air liur saat batuk hingga 1 meter, bahkan pada saat bersin dapat menyebar hingga 6 meter. Maka dari itu, PDGI memberikan syarat tertentu bagi dokter dan pasien.

Nah, bagi pasien yang ingin ke dokter gigi, sebelumnya perlu diperhatikan bahwa keadaan pasien harus benar-benar sehat. Tidak mengalami batuk, pilek atau demam. Selain itu, pasien memang memiliki kasus yang memang harus ditangani dengan segera atau bersifat darurat. Mulai dari nyeri yang tak tertahankan sampai mengalami pendarahan pada gigi.

Jika sudah begitu diperbolehkan pasien untuk memeriksakan diri ke dokter gigi. Namun, dalam tindakan pemeriksaan, dokter gigi juga ada syarat tertentunya, seperti dalam keadaan sehat, wajib menggunakan APD lengkap saat tindakan, dan memastikan bahwa alat praktek dalam kondisi steril.

PDGI juga menyarankan agar pasien dengan tingkat masala gigi rendah diharapkan untuk konsultasikan ke dokter gigi secara online. 

Mencegah masalah gigi dengan konsultasi online

Dengan kondisi pandemi ini, masyarakat diimbau untuk selalu merawat gigi dengan baik. Salah satunya dengan menggosok gigi sehari dua kali. Hal itu bisa mencegah gigi berlubang dan masalah gigi lainnya.

Selain itu jika dirasa harus konsultasi ke dokter gigi karena masalah gigi, pasien bisa melakukannya secara online.

Salah satunya melalui Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 (BKGN) dari Pepsodent. Melalui itu, kamu bisa konsultasi kesehatan gigi dan mulut secara gratis. Konsultasi tersebut bakal dilakukan oleh tenaga profesional melalui platform WhatsApp Tanya Pepsodent.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan informasi panduan perawatan gigi dan mulut selama di rumah. Kamu juga bakal dapat informasi terkini seputar protokol, pencegahan, dan tata laksana, Kedokteran Gigi di masa pandemi ini.

Kalau sudah begitu kamu tidak perlu takut lagi untuk konsultasi tentang masalah pada gigi. Cukup gabung ke BKGN dan kamu akan dirawat oleh dokter berpengalaman secara online. Yuk, konsultasikan sekarang melalui nomor WhatsApp 087888768880.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.