Sukses

Pecah Rekor Positif Corona 3 Desember 2020 Bertambah 8.369, Satgas: Sistem Data Belum Optimal

Pecah rekor positif Corona 3 Desember 2020 bertambah 8.369 orang, Satgas jelaskan sistem data belum optimal.

Liputan6.com, Jakarta Angka penambahan positif Corona per 3 Desember 2020 tercatat 8.369 orang, sehingga akumulatif menjadi 557.877 orang terkonfirmasi positif COVID-19. Penambahan kasus baru yang termasuk tertinggi dipengaruhi sistem data.

Saat konferensi pers, Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menjelaskan, angka penambahan kasus positif Corona COVID-19 hari ini sampai mencapai 8.369 orang karena sistem pencatatan data yang belum optimal.

"Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan pada hari ini, terdapat penambahan kasus Corona yang sangat signifikan besar, yaitu 8.369 kasus," jelas Wiku di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Kamis (3/12/2020).

"Angka yang sangat tinggi ini, salah satunya disebabkan karena sistem (data) yang belum optimal untuk mengakomodasi pencatatan, pelaporan, dan validasi data dari provinsi secara real-time."

Lebih lanjut, Wiku mengatakan, berdasarkan hasil konsolidasi yang dilakukan pemerintah daerah dengan Kementerian Kesehatan, ada beberapa provinsi yang memiliki perbedaan data dengan pusat.

"Contohnya, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Papua. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang meningkatkan interoperabilitas data COVID-19," lanjutnya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 3 Tips Cuci Masker Kain untuk Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.