Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Sederet Tips Ampuh Atasi Libido yang Menurun

Oleh Fitri Syarifah pada 02 Des 2020, 21:00 WIB
Diperbarui 02 Des 2020, 21:00 WIB
Libido turun
Perbesar
Beberapa makanan menyebabkan gairah turun/copyright: unsplash/yuris alhumaydi

Liputan6.com, Jakarta Libido atau gairah seks bisa turun karena sejumlah faktor tertentu. Hal ini bisa dialami pria maupun wanita. 

 Jika Anda memiliki masalah dengan libido, bisa mencoba trik berikut ini. Baik karena stres, terlalu sibuk dengan kerjaan, minum obat, dan sebagainya, para ahli merekomendasikan trik berikut ini untuk kembali meningkatkan libido setiap kali Anda bersama pasangan. Dikutip dari Health, berikut ulasannya:

1. Ingat sesi seks yang menyenangkan

Komunikasi yang baik cukup berperan terhadap hasrat seksual. "Ketika pasangan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kesukaan dan ketidaksukaan seksual satu sama lain, mereka dapat membuat seks lebih baik untuk satu sama lain," kata Allen Mallory, PhD, Presidential Postdoctoral Scholar di Ohio State University, Columbus, Amerika Serikat, yang berfokus di bidang kesehatan dan kesejahteraan kelompok minoritas seksual dan gender.

Ia menyarankan agar Anda dan pasangan saling mengenang saat-saat terfavorit setiap bersama untuk dapat berkomunikasi dengan santai dan menyenangkan untuk mencairkan suasana. Ini adalah cara yang aman untuk berkomunikasi, karena Anda membahas hal tentang kalian berdua, dan ini dapat membuat Anda bersemangat, katanya.

2. Buat daftar keinginan

Anda memiliki fantasi seksual dan begitupula pasangan Anda. Saat mencoba menemukan hal-hal yang Anda berdua ingin coba merupakan cara yang bagus untuk memperluas gaya bercinta Anda, kata Mallory.

Salah satu cara untuk menemukannya yaitu dengan membuat daftar aktivitas seksual dengan diberi ranking "ingin, akan, tidak mau". Seorang seksolog Lindsey Doe, membahas konsep tersebut dalam channel YouTubenya.

3. Latihan bersama

"Olahraga meningkatkan kepercayaan diri, yang membantu meningkatkan libido," kata direktur Female Sexual Medicine Program di Stanford Leah Millheiser, MD yang berbasis di California.

Selain itu, tinjauan studi tahun 2020 tentang gaya hidup dan seksualitas perempuan dan laki-laki mencatat bahwa olahraga memperbaiki gejala menopause dan dapat mencegah atau memperbaiki disfungsi ereksi. Jadi tidak ada salahnya berolahraga bersama pasangan sebagai bentuk kencan yang baru.

4. Gunakan pelumas

Hampir tidak mungkin untuk meningkatkan gairah bila seks terasa menyakitkan. Salah satu penyebabnya karena kekeringan vagina.

"Jika kekeringan vagina menyebabkan rasa sakit saat berhubungan, coba gunakan pelumas seksual berbasis silikon atau pelembab vagina. Pelumas silikon lebih tahan lama dan lebih melembapkan daripada model lain berbahan dasar air," saran Dr. Millheiser.

Namun, jika metode ini tidak juga memperbaiki rasa sakit, carilah pengobatan ke dokter ginekolog. Mungkin dokter akan melihat apakah terapi estrogen vagina sesuai untuk Anda.

5. Buat penasaran

Saat tiba-tiba pasangan Anda berbagi fantasi seksualnya dengan Anda dan membuat Anda tertegun. Tapi katakanlah kepadanya bahwa Anda berterima kasih karena ia mau memberitahu keinginannya pada Anda. Lalu jika Anda mungkin perlu waktu untuk riset tentang hal itu lebih dulu, katakanlah dengan jujur, tapi jangan sampai membuat pasangan Anda merasa malu telah mengungkapkannya pada Anda, saran Mallory.

 

2 dari 4 halaman

6. Ganti alat kontrasepsi

Awas! Ini 5 Penyebab Gairah Seks Menurun
Perbesar
Merasa libido menurun? Mungkin ini penyebabnya.

Perubahan hormonal sangat memengaruhi gairah seks Anda. Salah satunya yang mungkin berpengaruh besar yaitu pil KB, karena pil tersebut dapat mengurangi produksi testosteron tubuh, sehingga mampu menurunkan gairah Anda. Beberapa jenis KB lainnya juga dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks.

Meskipun Anda tidak menggunakan metode KB apapun, kondisi hormonal Anda dapat mempengaruhi libido Anda. Misalnya hormon prolaktin yang menurunkan estrogen dan testosteron tentu juga akan mempengaruhi libido. Menurut Dr. Millheiser, bahkan menopause dapat menurunkan testosteron dan estradiol, salah satu jenis estrogen.

7. Berbagi pekerjaan rumah

Jika Anda dan pasangan sama-sama bekerja maka Anda mungkin juga ingin pulang ke rumah untuk beristirahat. Namun karena Anda juga adalah orang tua, terkadang setelah anak tidur, Anda masih harus membersihkan rumah kemudian melanjutkan pekerjaan yang Anda bawa pulang. Akibatnya, Anda mendorong gairah Anda. Maka lakukan pembagian tugas untuk memastikan salah satu pasangan tidak memikul seluruh beban, sekaligus tips ini membuat Anda berdua lebih bahagia.

8. Sinkronkan sesi seks

Jika ada waktu-waktu tertentu dalam sehari ketika gairah Anda meluap, namun pasangan Anda tidak menyukai waktunya maka Anda perlu saling mencocokkan waktu. Menurut sebuah studi 2018 di Frontiers in Psychology, ketidakcocokan waktu yang disukai untuk berhubungan seks dapat memengaruhi kepuasan seksual. Kenali juga hal-hal yang dapat mendorong atau menurunkan gairah seksual satu sama lain serta gairah seksual masing-masing, saran Mallory.

9. Hilangkan stres sebelum berhubungan seks

Stres yang mungkin terbawa dari tempat kerja hingga ke rumah atau masalah kerusakan di sana-sini di rumah, memiliki efek yang cukup kuat pada kehidupan seks melebihi apa yang Anda ketahui. Saat stres, tubuh banyak memproduksi hormon kortisol (hormon lawan atau lari), yang memang Anda butuhkan namun cukup dalam jumlah kecil. Jika diproduksi secara berlebihan hormon ini dapat menekan libido. Oleh karena itu, usahakan agar Anda menjernihkan pikiran, entah dengan mandi berlama-lama atau tenggelam dalam buku bacaan yang Anda sukai, sebelum pergi tidur.

10. Siapkan ruangan

Menurut Dr. Millheiser, sesi Anda dapat terganggu saat anak bermimpi buruk dan memilih berbaring bersama Anda, atau sudah menjadi kebiasaan hewan peliharaan ikut meringkuk di bawah pelukan Anda. Untuk mencegah mereka keluar dari kamar mereka di malam hari dengan mengunci pintu kamar mereka setelah mereka tidur lelap. Setalh Anda kembali ke kamar Anda, siapkan ranjang dan bersipa untuk sesi malam itu.

11. Rencanakan kencan

Jika weekend Anda bersama pasangan malah Anda habiskan untuk menonton bersama maka mulai sekarang jangan lakukan lagi, karena itu dapat mematikan gairah seks Anda. Anda bisa membuat rencana kencan mingguan dengan kegiatan bersama, tidak harus malam romantis yang megah di pusat kota. Lakukan apapun yang dapat memberikan Anda percikan cinta seperti saat Anda pertama bertemu. Dr. Millheiser menyarankna untuk mematikan TV dan habiskan waktu bersama di bak mandi yang dikelilingi lilin atau pergi mendaki gunung atau melakukan hobi bersama.

12. Sadari kondisi tubuh

Terkadang menurunnya gairah seks bisa jadi merupakan gejala masalah medis. Menurut Cleveland Clinic, penyakit-penyakit yang dapat menurunkan libido yaitu diabetes, penyakit jantung dan pembuluh darah, gangguan neurologis, alkoholisme, dan penyalahgunaan obat. Gairah seksual yang rendah juga bisa karena obat-obatan penenang untuk penderita depresi dan tekanan darah tinggi. Jika masalah berlanjut, segera hubungi dokter.

3 dari 4 halaman

Infografis 6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta

Infografis 6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta
Perbesar
Infografis 6 Hal Dilakukan Pria Ketika Jatuh Cinta. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
4 dari 4 halaman

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓