Sukses

Positif Corona, Anies Baswedan Minta Kontak Eratnya Lakukan Swab Test COVID-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, meminta semua yang pernah langsung untuk tes Corona COVID-19 berupa swab test PCR

Liputan6.com, Jakarta - Usai dinyatakan positif COVID-19, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar semua orang yang pernah berinteraksi dengannya untuk segera melakukan tes Corona berupa swab test PCR (tes usap) dan menjalani isolasi mandiri.

Pernyataan itu disampaikan Anies Baswedan dalam unggahan video di akun Instagramnya, @aniesbaswedan, ketika mengumumkan bahwa dirinya positif COVID-19 pada Selasa, 1 Desember 2020.

"Saya menyampaikan ini agar semua orang yang berinteraksi dengan saya selama beberapa hari terakhir ini, bisa langsung melakukan langkah yang dibutuhkan, seperti isolasi mandiri atau tes usap PCR," kata Anies Baswedan.

"Bagi siapapun yang pernah bertemu saya dalam beberapa hari ini, silahkan langsung hubungi puskesmas terdekat untuk menjalani tes usap," Anies Baswedan menekankan.

Anies Baswedan juga mengungkapkan bahwa tim pelacak (tracing) Dinas Kesehatan akan menghubungi, mendata, dan mencatat semua kontak eratnya, untuk menjalankan prosedur terkait COVID-19;

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies Baswedan Tak Bergejala

Dalam video yang sama, Anies juga mengatakan bahwa dirinya tidak mengalami gejala COVID-19.

Selain itu, ia mengatakan bahwa dirinya akan melakukan isolasi mandiri di rumah dinasnya sendiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan oleh tim medis. Sementara keluarganya akan tinggal terpisah di rumah pribadinya.

"Saya akan tetap bekerja dari rumah, bekerja secara virtual, memimpin rapat-rapat secara virtual, dan memang sejak bulan Maret yang lalu kita sudah terbiasa bekerja secara virtual," ujarnya.

Di akhir pesannya, Anies mengingatkan kepada masyarakat bahwa COVID-19 masih ada. Ia pun meminta warga lebih disiplin menggunakan masker, mencuci tangan secara rutin, dan tetap melaksanakan jaga jarak.

3 dari 3 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.