Sukses

Pasien COVID-19 Gejala Ringan, Berapa Hari Bisa Sembuh?

Pasien yang positif COVID-19 dengan gejala ringan, berapa hari bisa sembuh?

Liputan6.com, Jakarta Pasien terkonfirmasi COVID-19 dengan gejala ringan Corona dapat sembuh dengan cepat. Berdasarkan penelitian pada Mei 2020, yang mana akhirnya keputusan dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pasien COVID-19 gejala ringan cukup menjalani isolasi.

Menurut dokter spesialis patologi klinik Tonang Dwi Ardyanto, pasien COVID-19 gejala ringan menjalani isolasi dalam rentang 10 sampai 14 hari.

"Pada kebanyakan kasus, jarak orang yang terinfeksi. Kemudian dia mulai membaik, artinya gejalanya membaik sebenarnya cepat," kata Tonang kepada Health Liputan6.com melalui sambungan telepon, Senin (30/11/2020).

"Dari penelitian sekitar bulan Mei 2020, lalu muncul pedoman dari WHO, pasien yang tanpa gejala atau gejala COVID-19 ringan biasanya cukup dengan isolasi. Dalam waktu 10 sampai 14 hari sudah selesai. Sudah enggak apa-apa (membaik)."

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gejala Ringan COVID-19, Sembuh Tergantung Imun

Tonang menjelaskan, masa sembuh pasien COVID-19 gejala ringan tergantung dari kekuatan sistem imun. Pada pasien muda antara 20-30 tahun bisa lebih cepat sembuh.

"Pertanyaannya, antara pasien remaja atau dewasa yang kena gejala COVID-19 ringan, apakah sembuhnya sama? Itu tergantung pada kekuatan imunologinya," jelas dokter yang juga Juru Bicara Satgas RS Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah.

 

3 dari 4 halaman

Kriteria Pengakhiran Isolasi

"Secara umum, semakin tua usia, imun tidak begitu kuat. Kalau usia 20-30 tahun dalam kategori usia muda, imun dalam puncak terbaiknya. Ketika kena COVID-19, pasien yang cenderung usia muda akan segera sembuh."

Berdasarkan Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19) Kementerian Kesehatan pada 13 Juli 2020, kriteria pengakhiran isolasi untuk pasien gejala ringan-sedang, minimal 10 hari sejak timbul gejala ditambah 3 hari bebas gejala.

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Gejala Anda Terjangkit Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.