Sukses

Kenali Gejala Flu Perut dan Cara Mencegahnya

Penyebab utamanya Norovirus dan Rotavirus, namun juga bisa disebabkan karena Adenovirus dan Astrovirus.

Liputan6.com, Jakarta Ketika pertama kali mendengar kata flu yang terbersit adalah penyakit dengan gejala hidung tersumbat atau berair, demam, dan sakit tenggorokan. Tapi tidak dengan flu perut. 

Dikutip laman Healthline, flu perut atau flu 24 jam adalah istilah lain dari gastroenteritis. Ini merupakan kondisi di mana seseorang mengalami muntah dan diare akibat infeksi atau peradangan pada dinding saluran pencernaan, terutama lambung dan usus. 

Tak hanya muntah dan diare saja, flu perut juga memunculkan gejala lain seperti mual dan kram perut, sakit kepala, tidak napsu makan, bahkan sampai nyeri otot dan sendi.

Gejala yang ditimbulkan itulah yang membuat penyakit ini disebut flu 24 jam karena orang dengan kondisi ini bisa merasakan sakit hingga tiga hari, setelah terinfeksi. 

Lalu apa penyebab flu perut atau gastroenteritis ini? Penyebab utamanya Norovirus dan Rotavirus, namun juga bisa disebabkan karena Adenovirus dan Astrovirus. 

Virus-virus tersebut menular setelah berkontak langsung dengan orang lain yang bergejala flu perut. Misalnya saat berjabat tangan, menyentuh benda yang terkontaminasi virus, dan tak sengaja menghirup cipratan air liur yang keluar saat penderita bersin. 

Untuk diketahui, penyakit ini bukan hanya bisa menyerang orang dewasa, tapi juga anak-anak. Oleh karena itu perlu tahu cara paling sederhana yang dapat dilakukan untuk menghindari penyakit gastroenteritis ini. Paling utama adalah kita wajib menjaga kebersihan diri, dengan melakukan kebiasaan mencuci tangan. 

Ya, cucilah tangan sebelum makan, setelah memegang benda dari luar atau usai beraktivitas dari luar, dan setelah buang air. 

 

Oleh karena itu, jika saat berada di tempat umum ada tempat mencuci tangan dari air mengalir, segera mencuci tangan dengan sabun dan bilas hingga bersih. 

Kamu juga bisa melakukan antisipasi lain, yaitu menggunakan produk terbaik penyanitasi tangan dengan efek antiseptik pertama yang mengandung 80% alkohol halal. Dengan alkohol 80 persen yang halal dan mampu memberikan perlindungan antiseptik ekstra.

WHO sebagai bahan antiseptik ini, sebenarnya mudah menguap seiring penggunaan. Dosis efektifnya berada di rentang 60-90%.

Selain alkohol, pilih juga hand gel sanitizer yang mengandung ekstrak aloe vera organik. Kandungan inilah yang membantu kulit terasa lebih moist dan halus. 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini