Sukses

Antisipasi Klaster Kerumunan Petamburan, Apa Persiapan RSD Wisma Atlet?

Antisipasi klaster kerumunan Petamburan, apa persiapan RSD Wisma Atlet?

Liputan6.com, Jakarta Untuk mengantisipasi munculnya klaster kerumunan Petamburan dari acara pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab, RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran Jakarta tetap mempersiapkan sejumlah hal. Apalagi dampak dari kerumunan massa yang terjadi  di Bandara Soekarno Hatta, Petamburan dan juga di daerah lain di Jawa Barat berujung ditemukan kasus konfirmasi positif COVID-19.

"Sejauh ini persiapan RSD Wisma Atlet pada kebutuhaan sumber daya manusia (SDM) tenaga kesehatan dan menunjang kesehatan. Ketersediaan obat-obatan dan alat kesehatan dipersiapkan," ujar Koordinator RSD Wisma Atlet Tugas Ratmono saat sesi Bincang Editor, Meredam Cluster COVID-19, Senin (23/11/2020).

"Dari tingkat kebutuhan logistik, kami juga persiapkan betul seandainya nanti ada peningkatan baik pasien yang dirawat di RSD Wisma Atlet maupun isolasi mandiri Orang Tanpa Gejala (OTG)."

Hasi pemeriksaan dari masyarakat yang terlibat dalam kerumunan di Petamburan, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI Muhammad Budi Hidayat menyampaikan, kasus positif COVID-19 ada 50 orang dalam kegiatan di Tebet.

Selanjutnya, 30 orang positif COVID-19 di Petamburan dan 15 orang di Mega Mendung, Bogor, Jawa Barat masih menunggu hasil pemeriksaan uji sampel.

"Ditemukan di Tebet total 50 kasus positif dan di Petamburan sebanyak 30 kasus, lalu di Mega Mendung terdapat 15 sedang menunggu hasil pemeriksaan,” jelas Budi saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Minggu (22/11/2020).

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Karantina ke RSD Wisma Atlet

Budi juga menganjurkan siapa saja yang merasa memilki gejala, seperti batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta kehilangan indera perasa segera menghubungi puskesmas terdekat.

Pemerintah juga telah menyiapkan pusat karantina khusus bagi pasien COVID-19 di RSD Wisma Atlet Kemayoran.

"Apabila bergejala, segera periksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan. Pemerintah juga telah menyiapkan pusat karantina di Rumah Sakit Darurat di Wisma Atlet,” ucapnya melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

“Gejala seperti gejala batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan serta hilang indera perasa, segera kunjungi puskesmas terdekat untuk melakukan tes usap atau Tes PCR."

3 dari 3 halaman

Infografis Kerumunan di Petamburan dan Potensi Klaster Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.