Sukses

Pasca Acara Rizieq Shihab, Satgas COVID-19 Minta yang Terlibat Segera ke Puskesmas

Pasca kerumunan acara Rizieq Shihab, Doni Monardo minta yang terlibat segera ke puskesmas.

Liputan6.com, Boyolali Pasca kerumunan acara hajatan pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta Pusat, Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta siapa saja yang terlibat segera ke puskesmas. Terlebih lagi kerumunan berpotensi menularkan COVID-19.

"Pemeriksaan di puskesmas tanpa dipungut biaya. Pemeriksaan ini sangat penting agar diketahui lebih dini (apakah positif COVID-19 atau tidak)," pesan Doni saat kunjungan kerja kesiapsiagaan erupsi Gunung Merapi di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (20/11/2020).

"Jika ada yang positif COVID-19, maka segera isolasi. Isolasinya bisa dilakukan di tempat isolasi yang sudah disiapkan pemerintah. Silakan dengan kesadaran dan keikhlasan memeriksa diri ke puskesmas."

Upaya memeriksakan diri dengan tes COVID-19 demi memutus mata rantai penularan.

"Tentunya, untuk keselamatan bersama. Hari ini, kami telah menyalurkan 2.500 swab antigen ke seluruh puskesmas yang berada di daerah-daerah yang berpotensi terjadi peningkatan kasus, seperti DKI Jakarta, Banten, dan Jawa Barat," lanjut Doni.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Positif COVID-19 Usai Acara Rizieq Shihab

Data yang diterima Satgas COVID-19 per Kamis, 19 November 2020 sore terkait pasca kerumunan acara Rizieq Shihab, wilayah Petamburan Jakarta Pusat telah dilakukan tes PCR terhadap 15 orang. Ada 7 orang positif COVID-19, termasuk Lurah Petamburan.

Pada Jumat, 20 November 2020 sore, hasil tes antigen di Megamendung, Bogor, Jawa Barat yang ikut menyambut Habib Rizieq telah diperiksa 559 orang. Dari jumlah tersebut, 20 orang positif COVID-19.

Laporan lain, sebanyak 50 orang positif COVID-19 yang mayoritas berdomisili di sekitar Tebet, Jakarta Selatan.

Oleh karena itu, Doni berharap kerjasama semua komponen masyarakat di berbagai daerah terutama di DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.

"Khususnya para Ketua RT dan Ketua RW untuk menyampaikan pesan kepada keluarga-keluarga yang kemarin ikut beraktivitas, mulai penjembutan (Habib Rizieq) di Bandara Soekarno Hatta, lalu kegiatan Maulid Nabi di Tebet, Megamendung, serta acara terakhir di Petamburan," imbau Doni melalui keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

"Sekiranya dengan kesadaran sendiri untuk melaporkan diri kepada Ketua RT dan Ketua RW. Kemudian segera memeriksakan diri (tes COVID-19) ke puskesmas."

3 dari 3 halaman

Infografis Kerumunan Acara Rizieq Shihab dan Denda Rp 50 Juta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.