Sukses

Selain Menyegarkan, Ini 3 Manfaat Sehat Air Kelapa

Menenggak air kelapa di siang hari terik tentu menyegarkan, selain itu juga bisa menyehatkan. Berikut faktanya.

Liputan6.com, Jakarta Air kelapa dikenal sebagai minuman yang enak dan menyegarkan tubuh. Selain rasa yang enak, air kelapa juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang mengejutkan. 

Minuman kaya dengan vitamin dan mineral yang dapat mendukung kesehatan. Air kelapa selain menghindrasi juga meningkatkan kesehatan jantung dan membantu mencegah batu ginjal.

Melansir dari Insider, berikut empat manfaat kesehatan utama dari air kelapa yang telah didukung oleh penelitian.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Mendukung Kesehatan Jantung

 

Dalam sebuah penelitian kecil tahun 2005, orang yang minum 1 cangkir air kelapa dua kali sehari selama 10 hari mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan jika dibandingkan dengan orang yang minum air kemasan. Ini mungkin karena air kelapa mengandung kalium, nutrisi penting untuk kesehatan jantung.

Meskipun penelitian lebih lanjut terhadap manusia masih diperlukan, penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa air kelapa juga dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan membantu menurunkan kolesterol dan mencegah pembekuan darah.

3 dari 5 halaman

2. Mengembalikan Cairan Tubuh dengan Cepat Usai Olahraga

Keringat yang mengucur saat berolahraga membuat tubuh selain kehilangan air juga garam elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium.

"Air kelapa membantu mengisi elektrolit yang hilang setelah sesi olahraga yang berkeringat," kata Tracy Lockwood Beckerman, ahli nutrisi di New York City.

Tubuh Anda membutuhkan elektrolit untuk membantu menjaga keseimbangan penting antara air dan garam dalam tubuh Anda. 

4 dari 5 halaman

3. Membantu Mencegah Batu Ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika mineral seperti kalsium dan oksalat menggumpal dan mengkristal di dalam ginjal. Air kelapa dapat membantu mencegah batu ginjal dengan meningkatkan kadar sitrat dan kalium dalam urin Anda. Senyawa ini membantu mencegah kalsium menumpuk di ginjal dan membentuk batu. 

Sebuah studi kecil tahun 2018 menemukan bahwa orang yang minumair kelapa per hari mengalami peningkatan yang signifikan dalam kadar sitrat dan kalium dalam urin mereka.

Namun, tetap diperlukan lebih banyak penelitian untuk melihat apakah minum air kelapa dalam jumlah yang lebih sedikit dapat memiliki efek yang serupa.

 

(Vania Accalia)

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini