Sukses

Kasus COVID-19 di 22 Provinsi Terus Naik, Jawa Tengah Tertinggi

Kasus COVID-19 di 22 provinsi terus naik, Jawa Tengah sumbang kenaikan tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta Dalam sepekan terakhir, penambahan kasus positif COVID-19 di 22 provinsi terus naik, yang mana Jawa Tengah menyumbang kenaikan tertinggi. Data tersebut dihimpun Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 15 November 2020.

"Ada tren kenaikan atau penurunan kasus COVID-19 mingguan berdasarkan provinsi. Pada pekan ini terdapat 22 provinsi dengan jumlah kasus COVID-19 yang bertambah selama sepekan terakhir," kata Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (19/11/2020).

"Lalu ada 12 provinsi yang mengalami penurunan kasus. Hal ini sangat disayangkan, mengingat masih lebih banyak jumlah provinsi yang mengalami tren kenaikan kasus COVID-19."

Wiku menyebut, Jawa Tengah berada pada peringkat pertama kenaikan kasus COVID-19 tertinggi, yaitu naik sebesar 2.377, disusul Jawa Barat naik 875, dan DKI Jakarta naik sebesar 793 kami ingatkan kepada provinsi Jawa Tengah Jawa Barat, dan DKI Jakarta naik 793.

"Tentunya, ini bukan prestasi yang baik. Harus terus dilakukan implementasi 3T, yakni pemeriksaan (testing), pelacakan kontak (tracing), dan perawatan (treatment)," lanjut Wiku.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Apresiasi 3 Provinsi dengan Penurunan Kasus COVID-19

Data sepekan juga melihat ada tiga provinsi dengan penambahan kasus COVID-19 paling sedikit.

"Sumatera Utara, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Barat adalah provinsi yang mengalami kenaikan kasus mingguan paling sedikit. Ketiga provinsi ini mengalami kenaikan kasus, namun jumlahnya kecil," tambah Wiku.

"Kepada pemerintah daerah di tiga provinsi ini, kami minta segera memasifkan lagi testing serta pelacakan kontak erat atau tracing dalam rangka melakukan upaya deteksi dini. Sehingga peluang kesembuhan juga semakin tinggi. Jika dilakukan, maka ketiga provinsi dapat mengalami penurunan kasus pada pekan berikutnya."

Selain itu, apresiasi kepada tiga provinsi yang berhasil menurunkan penambahan kasus COVID-19 dalam sepekan terakhir.

"Kami juga sampaikan apresiasi terhadap tiga provinsi dengan angka penurunan kasus COVID-19 tertinggi, yaitu Kalimantan Barat, Jawa Timur, dan Papua Barat. Masing-masing mengalami penurunan sejumlah 228 kasus di Kalimantan Barat, 223 kasus di Jawa Timur, dan 142 kasus di Papua Barat," imbuh Wiku.

"Terima kasih sudah berusaha menekan laju penularan sebaik mungkin, tetap semangat dan jangan sampai terlena dengan pencapaian yang telah diraih."

3 dari 3 halaman

Infografis Total Kasus Covid-19, Indonesia Salip China

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.