Sukses

Kapasitas Ruang Isolasi COVID-19 RS Hasan Sadikin Hampir Penuh

Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan hampir separuh lebih tempat tidur ruang isolasi Covid-19 terisi pasien

Liputan6.com, Bandung Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung menyatakan hampir separuh lebih tempat tidur ruang isolasi Covid-19 terisi pasien. Dari 119 tempat tidur di ruang isolasi Covid-19 sudah diisi oleh 97 pasien atau setara 90 persen terisi.

Menurut Direktur Perencanaan, Organisasi dan Umum RSHS Muhammad Kamaruzzaman rincian tempat tidur perawatan Covid-19 yaitu di seluruh lantai Gedung Kemuning terdapat 87 tempat tidur yang sudah terisi pasien. Sementara di ruangan high care unit (HCU) berkapasitas tujuh tempat tidur kata Kamaruzzaman, kini telah terisi oleh enam pasien.

“Dan untuk ruangan isolasi khusus di Kemuning, dari kapasitas empat (tempat tidur) terisi empat - empatnya. Dan yang di IGD isolasi itu jumlahnya ada sembilan (pasien) dari kapasitasnya lima (lima tempat tidur), sehingga mereka ada yang berada di selasar IGD isolasi. Tapi tetap diruangan yang tertutup yang tidak memungkinkan penyebaran kepada pasien - pasien diluar pasien - pasien Covid-19. Jadi memang ini IGD-nya khusus untuk pasien infeksi,” ujar Kamaruzzaman dalam keterangan daring dari RSHS, Bandung, Kamis, 19 November 2020.       

Kamaruzzaman mengatakan akan melakukan penyeleksian secara ketat pasien rujukan rumah sakit lain dengan diagnosa bergejala mirip Covid-19. Tujuannya agar tidak semua pasien yang memiliki diagnosa serupa dirujuk semuanya ke rumah sakit yang bertanggung jawab langsung ke Kementerian Kesehatan itu.

Kamaruzzaman menjelaskan RSHS merupakan rumah sakit tipe A yang harus merawat pasien Covid-19 dengan gejala menengah dan berat. Sehingga diharapkan rumah sakit yang ada di Kota Bandung, tidak serta merta mengirimkan pasien dengan gejala yang sama apabila dapat merawatnya sendiri.

“Terhadap pasien - pasien yang ringan, yang tanpa gejala, pasien - pasien yang dirujuk tapi sebenarnya bisa ditangani oleh rumah sakit yang bersangkutan, kita akan menghimbau rumah sakit - rumah sakit untuk tidak melakukan rujukan ke kita,” kata Kamaruzzaman.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ikuti prosedur

Kamaruzzaman meminta kepada rumah sakit lain agar menjalankan sistem rute rujukan pasien Covid-19. Dengan menjalankan sistem rute rujukan, pasien akan terdiagnosa dengan baik oleh rumah sakit pengirim dan rumah sakit penerima.

Artinya, rumah sakit pengirim pasien dengan dugaan Covid-19 harus bisa mendiagnosa secara baik soal gejala yang diderita. Selain itu, jika sistem rujukan pasien dijalankan, maka akan diketahui sisa kapasitas ruang perawatan di rumah sakit rujukan.

“Sehingga memberikan ketertiban sistem rujukan berjenjang yang sudah ditetapkan sesuai dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan. Jadi secara umum, saya bisa sampaikan dengan kapasitas yang sudah terpenuhi 90 persen ini masih tersedia untuk pasien - pasien yang mempunyai rujukan ke Hasan Sadikin,” ungkap Kamaruzzaman.

Jumlah kenaikan pasien Covid-19 di RSHS Bandung mengalami peningkatan dari bulan Oktober ke 12 November sampai sekarang. Pada bulan lalu, sebanyak 75 kasus pasien terduga terpapar Covid-19 yang dirawat per awal Oktober 2020. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis RS Rujukan Covid-19 di Jakarta Hampir Penuh

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.