Sukses

Sedang Flu? Berikut Daftar Makanan yang Bantu Lekas Pulih

Beberapa makanan ternyata dapat digunakan untuk membantu proses pemulihan tubuh yang terkena flu. Simak penjelasannya

Liputan6.com, Jakarta Kondisi tubuh yang terkena pilek atau flu sungguhlah tidak menyenangkan karena menghambat aktivitas sehari-hari. Mulai dari sakit tenggorokan, hidung tersumbat hingga rasa sakit dan kedinginan pada tubuh, kondisi tersebut membuat anda merasa lelah.

Namun, ada makanan tertentu yang dapat dimakan untuk membantu tubuh menjadi lebih baik saat flu. Kuncinya adalah mengonsumsi makanan sehat ini sepanjang waktu.

"Penting untuk selalu mengonsumsi makanan yang tepat untuk mencegah penyakit dan meningkatkan tubuh elawannya," kata Kristen Gradney, ahli gizi ahli seperti dikutip dari

Berikut beberapa makanan yang dapat membantu orang dengan kondisi pilek dan flu agar merasa lebih baik dan segar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

Kacang Hitam

Kacang hitam kaya akan protein dan zinc. Secangkir kacang hitam memiliki 15 gram protein dan 1,9 mg zinc. Sebagai gambaran, rata-rata pria dewasa harus mengonsumsi 56 gram protein dan 11 mg zinc setiap hari. Untuk wanita, itu adalah 46 gram protein dan 8 mg zinc.

Selain makan kacang secara langsung, berikut beberapa ide untuk memasukkannya ke dalam hidangan lain: 

  • Coba campurkan berbagai jenis kacang dalam salad.
  • Tambahkan kacang ke sup.
3 dari 9 halaman

Sup Ayam

Pasti anda sering mendengar bahwa sup baik untuk meredakan flu. Faktanya, hal ini memang benar. Sup ayam sangat bagus dalam melawan penyakit karena beberapa alasan. Pertama, ayam menawarkan protein, dan sayuran seperti wortel yang mengandung vitamin A menyediakan berbagai vitamin. 

Sup ayam sangat efektif jika Anda menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalamnya. Bawang putih memiliki selenium yang membantu tubuh Anda mencegah kerusakan sel. Selain itu, kaldu dalam sup ayam menghidrasi Anda. Itu penting ketika Anda merasa lelah karena sakit dan mungkin tidak ingin makan banyak.

 

4 dari 9 halaman

Buah Sitrus

Untuk meningkatkan asupan vitamin C Anda, makanlah buah sitrus seperti jeruk.Satu buah jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg vitamin C, yang hampir memenuhi kebutuhan harian yang direkomendasikan yaitu 75 mg untuk wanita dewasa dan 90 mg untuk pria.

Meskipun Anda dapat menikmati buah jeruk sebagai cemilan, buah ini juga mudah ditambahkan ke salad dan smoothie, kata Nicole Avena,  penulis "Why Diets Fail" dan "What to Eat When You're Pregnant."

5 dari 9 halaman

Telur

Telur kaya akan vitamin D, E dan protein. Satu telur juga memiliki 0,65 mg zinc. Telur sangat serbaguna, jadi Anda dapat membuatnya dengan berbagai cara atau menggunakannya saat makan. Anda dapat mencoba telur dengan cara ini:

 

  • Tambahkan telur orak-arik di atas salmon asap.
  • Sertakan telur dalam burrito sarapan.
  • Buatlah frittata.
6 dari 9 halaman

Mangga

Buah tropis ini penuh dengan vitamin A dan C. Faktanya, satu cangkir mangga mengandung 60 mg vitamin C dan 25 persen dari tunjangan harian vitamin A yang direkomendasikan. Berikut adalah beberapa cara berbeda untuk menambahkan mangga ke dalam makanan Anda:

 

  • Tambahkan mangga ke dalam smoothie.
  • Potong dengan oatmeal.
  • Buat salsa mangga yang digunakan untuk ayam atau ikan.
  • Siapkan jus yang mengandung mangga. Meskipun sebagian serat hilang saat mengubah buah utuh menjadi jus, namun anda tetap mendapatkan manfaat dari vitamin buah tersebut. Selain itu, jus mungkin lebih mudah dikonsumsi jika Anda sedang sakit dan tidak terlalu lapar.
  • Tambahkan irisan mangga di atas salad.
7 dari 9 halaman

Cabai Merah

Kapan terakhir kali Anda makan cabai merah? Pakar nutrisi memuji sayuran serbaguna ini karena satu cangkir memiliki lebih dari 300 persen tunjangan harian vitamin C yang direkomendasikan. Ini dapat membantu Anda sembuh lebih cepat jika Anda sakit. 

8 dari 9 halaman

Tomat

Satu tomat berukuran sedang mengandung 18,9 mg vitamin C. Ia juga memiliki vitamin A dan antioksidan yang disebut likopen. Ini dapat membantu melindungi kesehatan jantung.

Selain semua kegunaan umum tomat, sup tomat mungkin yang anda hanya butuhkan saat sakit. Sup tomat dapat membantu Anda meningkatkan asupan cairan yang hilang saat anda sedang pilek atau flu.

9 dari 9 halaman

Yogurt Atau Kefir

Yogurt dan kefir (produk susu yang dibudidayakan) kaya akan protein dan vitamin D. Keduanya juga menyediakan bakteri sehat bagi usus, Usus yang sehat dapat membantu lebih kuat hadapi virus.

Selain seluruh makanan di atas, jangan lupa untuk selalu pastikan bahwa anda memiliki cukup tidur. Kebanyakan orang dewasa membutuhkan tujuh hingga delapan jam semalam tapi anda mungkin membutuhkan lebih banyak jika anda sakit. Selain itu, gerakkan tubuh anda setiap hari dan sering-seringlah mencuci tangan untuk membantu mencegah sakit atau untuk menurunkan penyebaran penyakit ke orang lain jika anda sakit.

 

(Vania Accalia)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Influenza atau common cold (pilek, selesma) adalah suatu reaksi peradangan saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus.

    Influenza

  • Makanan Sehat

  • health

  • sehat