Sukses

Daftar Makanan yang Tepat untuk Pemilik Kuku yang Mudah Patah

Setiap orang menginginkan kuku yang kuat, berikut daftar makanan untuk kuku.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang menginginkan kuku kuat dan berkilau. Tubuh akan terus-menerus meregenerasi sel-sel yang menyusun kuku seperti dikatakan Megan Wolf, seorang ahli diet terdaftar di New York City, Amerika Serikat.

“Untuk regenerasi sel itu dibutuhkan pasokan nutrisi tertentu yang sehat,” kata Megan Wolf, seperti dilansir dari Prevention.

Megan merekomendasikan beberapa makanan yang memiliki nutrisi yang dibutuhkan kuku kuat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Edamame

Libby Mills, seorang ahli diet terdaftar yang berbasis di West Chester, Pennsylvania, menjelaskan, edamame ini merupakan bahan makanan yang mengandung sistein dan asam amino yang diperlukan untuk memproduksi protein keratin, yang merupakan salah satu bahan utama penyusun kuku.

“Edamame adalah sumber folat yang baik, dan dibutuhkan untuk produksi sel-sel kuku baru,” ucap Mills.

 

3 dari 6 halaman

2. Telur

Mills menjelaskan bahwa telur merupakan salah satu sumber makanan terbaik untuk biotin. Vitamin B yang meningkatkan produksi protein di kuku dan jaringan di bawah kuku yang menghasilkan sel-sel kuku.

“Biotin telah terbukti meningkatkan ketebalan kuku, dan juga dapat mencegah kuku menjadi rapuh,” kata Mills.

 

4 dari 6 halaman

3. Kacang mete

Kacang mete adalah sumber seng yang dibutuhkan untuk pembelahan sel dan sintesis protein. Wolf mengatakan, mengonsumsi makanan yang cukup dapat membuat kuku menjadi berkilau dan kuat. Tetapi jika kuku terlihat kering atau lemah, itu mungkin pertanda tubuh memiliki seng yang rendah.

5 dari 6 halaman

4. Ubi Jalar

Ubi jalar cenderung memiliki rasa yang lebih manis yang kaya vitamin A. Memiliki cukup vitamin A akan membantu sel-sel kuku berkembang dengan sangat baik.

"Ketika seseorang tidak mendapatkan cukup vitamin A dalam makanan sehari-hari, maka kuku orang tersebut mungkin akan rapuh dan mengembangkan tonjolan vertikal yang pecah dan retak," kata Mills.

6 dari 6 halaman

5. Paprika Kuning

Wolf menekankan, paprika kuning lebih banyak mengandung vitamin C dibandingkan jeruk. Vitamin C dalam paprika kuning menghasilkan kolagen, protein struktural untuk kuku.

“Produksi kolagen berkurang seiring bertambahnya usia, yang dapat menyebabkan kuku menjadi lebih tipis dan lemah, jadi sangat penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya vitamin C agar kuku tetap kuat dan sehat,” kata Wolf.

 

(Deskhila Wijaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.