Sukses

Kurangi Risiko Terkena Diabetes dengan 6 Langkah Sederhana Ini

Setiap orang memiliki risiko diabetes jika gaya hidupnya tidak sehat. Dalam mencegah diabetes setidaknya ada 6 hal sederhana yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang memiliki risiko diabetes jika gaya hidupnya tidak sehat. Dalam mencegah diabetes setidaknya ada enam hal sederhana yang bisa dilakukan.

Melansir WebMD, 6 hal sederhana tersebut mencakup makan sehat, olahraga, pemeriksaan rutin, kelola stres, berhenti merokok, dan hindari alkohol.

Makan Sehat

Tidak hanya bagi penyandang diabetes, makan makanan sehat perlu diterapkan pula oleh setiap orang. Pasalnya, apa yang dimakan akan sangat memengaruhi gula darah.

Bagi penderita diabetes, tidak ada makanan yang sangat dilarang namun porsinya perlu diatur sesuai kebutuhan tubuh. Mengganti nasi putih dengan nasi merah dan mengonsumsi banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat sangat membantu.

“Pilih susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak. Batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Ingatlah bahwa karbohidrat berubah menjadi gula, jadi perhatikan asupan karbohidrat Anda,” mengutip Webmd, Sabtu (14/11/2020).

Olahraga

Olahraga rutin dapat membantu kebugaran tubuh dan menurunkan risiko diabetes. Olahraga tidak harus yang berat dan mahal.

Berjalan kaki, bersepeda, dan berenang bisa menjadi pilihan sederhana. Olahraga setidaknya dilakukan selama 30 menit setiap hari dalam seminggu.

“Gaya hidup aktif membantu Anda mengontrol diabetes dengan menurunkan gula darah. Ini juga menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Ditambah, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan ekstra dan mengurangi stres.”

Pemeriksaan Rutin

Melakukan pemeriksaan rutin setidaknya dua kali setahun diperlukan untuk menjaga tubuh terhindar dari keterlambatan diagnosis diabetes.

Diabetes dapat meningkatkan peluang terkena penyakit jantung. Maka dari itu, hal-hal yang perlu diperiksa secara rutin adalah kadar kolesterol, tekanan darah, dan A1c (gula darah rata-rata selama 3 bulan).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kelola Stres hingga Hindari Alkohol

Kelola Stres

Stres dapat memicu naiknya kadar gula darah. Saat seseorang stres, maka kadar gula darahnya naik dan saat cemas, orang tidak dapat mengelola diabetes dengan baik.

Stres dapat dipicu berbagai hal, mulai dari kurang olahraga, makan yang tidak teratur, dan masalah lainnya.

Cara menghilangkan stres juga bermacam-macam, dapat dengan pernapasan dalam, yoga, atau melakukan hobi yang membuat rileks.

Berhenti Merokok

Diabetes membuat seseorang lebih mungkin memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki.

Jika merokok, kemungkinan orang terkena masalah ini lebih tinggi. Merokok juga dapat mempersulit olahraga.

Hindari Alkohol

Gula darah akan lebih mudah dikontrol ketika seseorang berhenti minum bir, anggur, dan minuman keras.

Asosiasi Diabetes Amerika mengatakan bahwa wanita yang minum alkohol seharusnya tidak lebih dari satu gelas sehari dan pria tidak boleh lebih dari dua. Alkohol dapat membuat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Beberapa minuman seperti anggur memiliki kandungan karbohidrat tinggi. Mengurangi asupan alkohol dapat membantu menurunkan risiko diabetes namun tidak meminumnya sama sekali akan lebih membantu lagi.

3 dari 3 halaman

Banner Infografis Diabetes Melitus pada Lansia di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.