Sukses

10 Makanan yang Baik untuk Tingkatkan Kesehatan Mata

Pola hidup yang sehat merupakan faktor penting untuk meningkatkan kesehatan mata lho!

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat meyakini bahwa penglihatan yang buruk merupakan akibat dari penuaan atau gangguan mata yang tak bisa dihindari.

Namun, faktanya pola hidup tidak sehat juga dapat meningkatkan risiko gangguan kesehatan mata secara signifikan.

The Age Related Eye Disease (AREDS) yang diterbitkan pada 2001 menemukan bahwa nutrisi tertentu seperti zink, vitamin C, vitamin E, dan beta karoten dapat mengurangi risiko penurunan kesehatan mata terkait usia sebesar 25 persen.

Studi ini lalu diperbarui pada 2103 guna menguji versi berbeda dari formula asli. Beberapa variasi baru yang diteliti adalah asam lemak omega-3, zeaxanthin, dan lutein.

Studi menemukan bahwa kombinasi tertentu mungkin bekerja efektif atau lebih baik dari yang lain.

Melihat dari isi studi tersebut, AREDS, American Optometric Association (AOA), dan American of Ophthalmogy (AAO) merekomendasi 10 makanan kaya nutrisi yang baik untuk kesehatan mata, berikut daftarnya seperti dikutip dari situs Medical News Today pada Kamis, 12 November 2020.

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Ikan

Ikan adalah hewan yang kaya akan asam lemak omega-3. Ikan berminyak adalah ikan yang memiliki banyak minyak di usus dan jaringan tubuh mereka.

Jadi, ketika memakannya, manfaat asam lemak omega-3 yang tinggi pun kita dapatkan. Ikan yang mengandung kadar omega-3 paling bermanfaat adalah:

  • Tuna
  • Ikan Salmon
  • Ikan Trout
  • Ikan Kembung
  • Sarden
  • Teri
  • Ikan Haring

Selain itu, beberapa penelitian menemukan bahwa minyak ikan dapat mengurangi risiko mata kering. Termasuk mata kering akibat terlalu banyak menghabiskan waktu di depan komputer.

3 dari 11 halaman

Kacang dan polong-polongan

Kacang juga kaya akan asam lemak omega-3. Kacang mengandung vitamin E tingkat tinggi yang dapat melindungi mata dari kerusakan terkait usia.

Selain itu, kacang juga tersedia untuk dibeli di sebagian besar toko grosir dan daring. Kacang dan polong-polongan yang baik untuk kesehatan mata, seperti:

  • Kenari
  • Kacang brazil
  • Kacang mete

 

4 dari 11 halaman

Biji-Bijian

Selain kacang-kacangan dan polong-polongan, biji-bijian juga kaya akan omega-3 dan merupakan sumber yang kaya vitamin E. Benih tersedia untuk dibeli di sebagian besar toko grosir dan daring. Biji yang tinggi omega-3 meliputi:

  • Biji chia
  • Biji rami
5 dari 11 halaman

Buah Jeruk

Buah jeruk kaya vitamin C. Sama seperti vitamin E, vitamin C adalah antioksidan yang direkomendasikan oleh AOA untuk melawan kerusakan mata terkait usia.

Buah jeruk yang kaya vitamin C meliputi:

 

  • Lemon
  • Jeruk
  • Jeruk limau gedang
6 dari 11 halaman

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin dan juga merupakan sumber vitamin C yang baik untuk mata. Sayuran hijau yang bisa dipilih di antaranya;

 

  • Bayam
  • Kubis
  • Sawi
7 dari 11 halaman

Wortel

Wortel kaya akan vitamin A dan beta karoten. Beta karoten memberi warna oranye pada wortel. Vitamin A memainkan peran penting dalam penglihatan. Ini adalah komponen protein yang disebut rhodopsin yang dapat membantu retina menyerap cahaya.

8 dari 11 halaman

Ubi jalar

Seperti wortel, ubi jalar kaya akan beta karoten. Mereka juga merupakan sumber antioksidan vitamin E.

9 dari 11 halaman

Daging Sapi

Daging sapi kaya akan zinc yang dapat dikaitkan dengan kesehatan mata jangka panjang yang lebih baik. Zinc dapat membantu menunda kehilangan penglihatan terkait usia dan degenerasi makula.

Mata itu sendiri mengandung zinc tingkat tinggi, terutama di retina, dan jaringan pembuluh darah yang mengelilingi retina. Daging seperti dada ayam juga mengandung zinc.

10 dari 11 halaman

Telur

Telur adalah sumber lutein dan zeaxanthin yang sangat baik, yang dapat mengurangi risiko kehilangan penglihatan terkait usia. Telur juga merupakan sumber vitamin C dan E, serta zinc yang baik.

11 dari 11 halaman

Air

Tidak mengherankan jika cairan yang penting untuk kehidupan juga penting untuk kesehatan mata. Minum banyak air dapat mencegah dehidrasi, yang dapat mengurangi gejala mata kering.

 

Penulis : Vania Accalia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.