Sukses

Menko Muhadjir dan Menkes Terawan Resmikan Gedung Isolasi COVID-19 di Gombong Jateng

Menko Muhadjir dan Menkes Terawan meresmikan gedung isolasi COVID-19 di Gombong, Jateng.

Liputan6.com, Gombong Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy didampingi Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, Kebumen, Jawa Tengah pada Selasa, 3 November 2020.

Peresmian gedung isolasi menjadi salah satu upaya mempercepat penanganan pasien COVID-19 di Kabupaten Kebumen. Upaya ini sebagai komitmen pemerintah untuk meningkatkan fasilitas pelayanan kesehatan dalam penanganan COVID-19.

Muhadjir dan Terawan memberikan apresiasi kepada pengelola PKU Muhammadiyah atas tersedianya gedung isolasi COVID-19 terpadu.

"Apresiasi yang tinggi kepada pengelola PKU Muhammadiyah Gombong, atas peran menghadirkan unit layanan kesehatan rujukan yang berkualitas serta memiliki komitmen, layanan ini ditujukan untuk semua lapisan masyarakat," terang Muhajir saat meresmikan Gedung Isolasi COVID-19 RS PKU Muhammadiyah Gombong, ditulis Kamis (5/11/2020).

Terawan juga berharap RS PKU Muhammadiyah dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dengan menerapkan pilar utama keselamatan pasien.

"Semoga RS PKU Muhammadiyah bisa menjadi rujukan COVID-19 dengan kualitas pelayanan optimal. Dan apa yang telah dibangun ini dapat dipergunakan sebagaimana mestinya secara maksimal," harapnya.

 

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kapasitas Tempat Tidur dan Bantuan Medis

RS PKU Muhammadiyah Gombong saat ini memiliki kapasitas 9 tempat tidur ruang ICU, 45 tempat tidur di lantai satu, dan 45 tempat tidur di lantai dua, yang dilengkapi dengan tekanan negatif, hepafilter, dan magnehelic.

Setelah meresmikan gedung isolasi, Muhadjir dan Terawan turut memberikan bantuan kepada RS PKU Muhammadiyah Gombong dan pemerintah daerah Kabupaten Kebumen.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, bantuan kepada RS berupa 1 unit ventilator, 1 unit ventilator ICU, alat pelindung diri (APD) lengkap 500 pcs, masker medis 1.000 pcs, masker N95 5.000 pcs, dan masker KF 94 10.000 pcs. 

Bantuan tersebut diberikan secara langsung oleh Terawan kepada Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong yang disaksikan oleh Terawan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Untuk bantuan kepada pemerintah daerah Kabupaten Kebumen berupa 4 unit ventilator ICU, 9 box APD (324 pcs), masker N95 5.000 pcs, dan masker KF 94 sebanyak 10.000 pcs. Bantuan diterima langsung oleh Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz.

3 dari 3 halaman

Infografis Lockdown Bukan Lagi Cara Utama Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.