Sukses

Hujan Lebat Disertai Angin Kencang, Warga Harus Waspada Pilih Tempat Berlindung

Hujan lebat disertai angin kencang, warga harus waspada pilih tempat berlindung.

Liputan6.com, Jakarta Hujan lebat disertai angin kencang, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) meminta warga harus waspada memilih tempat berlindung. Hindari berlindung di bawah pohon atau papan baliho yang setiap saat dapat berpotensi roboh.

Memasuki musim hujan, fenomena La Nina dapat berdampak buruk pada curah hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang. Potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor, dan puting beliung dapat terjadi.

"Masyarakat tetap waspada dan siap siaga. Untuk warga yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 derajat atau rawan longsor lebih berhati-hati," imbau Kepala BNPB Doni Monardo dalam keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, Minggu (1/11/2020) malam.

Salah satu pemicu yang patut diwaspadai adalah apabila terjadi curah hujan lebat dengan durasi lama.

“Ikuti terus info Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG),” ujar Doni yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Antisipasi Pohon dan Sungai Meluap

Doni juga meminta warga mengantisipasi pohon yang mudah tumbang atau patah batangnya saat hujan lebat terjadi. Oleh karena itu, hindari berada di bawah pohon.

“Waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh tertimpa pohon,” lanjutnya.

Masyarakat yang berada di wilayah bantaran sungai agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti perkembangan informasi terkini dari pemerintah maupun instansi terkait.

Bagi pemangku kebijakan tiap-tiap wilayah dapat menyiapkan tim patroli gabungan, baik antisipasi dan penanganan bencana juga terkait keamanan lingkungan.

"Bagi yang di bantaran sungai ikuti info. Bila meluap agar mengungsi sementara. Siapkan tim patroli gabungan, hansip dan Pam Lokal untuk antisipasi pencurian bila rumah ditinggal sementara,” kata Doni.

3 dari 4 halaman

Wilayah Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

Menurut BMKG, wilayah yang dapat terdampak cuaca hujan sedang hingga lebat dan dapat disertai dengan petir dan angin kencang meliputi Cibungbulang, Rumpin, Jasinga, Parung Panjang dan Cigudeg di Kabupaten Bogor.

Kondisi tersebut dapat meluas ke wilayah Sukaraja, Babakan Madang, Sukamakmur, Parung, Gunung Sindur, Kemang, Bojong Gede, Leuwiliang, Ciampea, Pamijahan, Nanggung, Tenjo, Ciawi, Cisarua, Megamendung, Caringin, Cijeruk, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Ciseeng, Ranca Bungur, Sukajaya, Tanjungsari, Tajurhalang, Cigombong, Leuwisadeng dan Tenjolaya.

Untuk Kabupaten Tangerang di Provinsi Banten, wilayah yang terdampak yakni Kresek, Gunung Kaler dan sekitarnya.

BMKG memperkirakan kondisi cuaca yang sama juga dapat meluas ke wilayah Jayanti, Tigaraksa, Mauk, Balaraja, Jambe, Cisoka, Kronjo, Sukadiri, Kemiri, Cisauk, Rajeg, Pasar Kemis, Sukamulya, Teluknaga, Kosambi, Pakuhaji, Sepatan, Sepatan Timur, Curug, Cikupa, Panongan, Legok, Pagedangan, Kelapa Dua, Sindang Jaya, Solear, Mekar Baru dan sekitarnya.

Cuaca hujan dengan intensitas sedang hingga lebat juga berpotensi terjadi di Sukatani, Tambelang, Karang Bahagia, Cibitung, Cikarang Barat, Cikarang Utara di Kabupaten Bekasi, Provinsi Jawa Barat.

Selanjutnya, Kota Bogor yakni Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara dan Tanah Sareal. Ada pula Kota Depok adalah Sawangan dan Bojongsari juga diperkirakan terjadi hujan lebat dan sedang yang dapat disertai angin kencang.

Untuk Kota Tangerang Selatan di Provinsi Banten, ada Setu, Serpong, Serpong Utara, Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur dan Pamulang yang berpotensi hujan lebat.

4 dari 4 halaman

Infografis Waspada Bencana Alam Akibat La Nina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.