Sukses

Ikut Berduka Atas Gempa Turki, Jusuf Kalla: PMI Siap Bantu bila Dibutuhkan

ikut berduka atas terjadinya gempa Turki, Jusuf Kalla sampaikan PMI siap bantu bila dibutuhkan.

Liputan6.com, Denpasar Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla turut prihatin dan berbelasungkawa atas bencana gempa Turki berkekuatan Magnitudo 7,0 yang mengguncang kawasan pesisir barat Turki pada Jumat, 30 Oktober 2020.

“Tentu kita prihatin dan belasungkawa atas gempa yang terjadi di Turki," ucap JK, sapaan akrabnya, usai memberikan pengarahan kepada pengurus dan relawan COVID-19 PMI Bali di Markas PMI Bali Jalan Imam Bonjol, Denpasar, Bali, Sabtu (31/10/2020).

"Kita juga di Indonesia selalu terkena gempa, tapi di Turki ini agak besar sedikit karena banyak yang meninggal. Karena itu, kami Palang Merah Indonesia berbelasungkawa."

Lebih lanjut, JK menyampaikan, PMI akan siap mengirimkan relawan untuk membantu evakuasi korban gempa Turki apabila dibutuhkan. Apalagi Turki termasuk salah satu negara yang membantu Aceh saat dilanda gempa dan tsunami tahun 2004.

“Kami siap membantu apabila benar benar dibutuhkan. Karena Turki ini salah satu negara yang membantu kita waktu Tsunami Aceh pada 2004 silam," lanjutnya sebagaimana keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com.

Gempa berkekuatan Magnitudo 7,0 yang mengguncang kawasan pesisir barat Turki, berdekatan dengan Pulau Samos, Laut Aegean. Titik gempa pada jarak 11 mil (17 kilometer) dari pesisir barat Turki. Gempa terjadi pukul 13.51 waktu setempat.

Simak Video Menari Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.