Sukses

Sambil Menunggu Vaksin, Tetap Jaga Kesehatan Selama Masa Pandemi

Ikuti beberapa cara ini agar kamu bisa menjaga daya tahan tubuh selama pandemi.

Liputan6.com, Jakarta Menjaga stamina tubuh merupakan solusi agar terhindar dari penularan virus Covid-19. Walaupun saat ini banyak informasi bahwa vaksin telah ditemukan dan akan diberikan kepada masyarakat Indonesia, namun masyarakat harus tetap menjaga kesehatannya.

Untuk itu, sembari menunggu vaksin diberikan oleh pemerintah. Ada beberapa cara agar kamu bisa menjaga daya tahan tubuh selama pandemi. Berikut caranya:

Konsumsi makanan bergizi

Perlu diketahui, virus mudah masuk ke tubuh jika kita tidak membentengi dengan makanan bergizi. Maka dari itu, perlu adanya gizi yang seimbang ketika makan agar seseorang dapat meningkatkan imun tubuh. Gizi yang seimbang merupakan susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi dengan jumlah serta jenis tertentu sesuai kebutuhan tubuh. Untuk itu seseorang perlu memperhatikan prinsip keberagaman pangan, mengontrol berat badan secara rutin, dan menjaga perilaku hidup bersih.

Rutin Berolahraga

Selain mengonsumsi makanan bergizi, kamu juga perlu seimbangkan dengan rutin berolahraga. Ketika berkegiatan di rumah, kamu cukup olahraga yang ringan saja.

Menurut salah seorang ahli di National Institute of Health, olahraga dapat merangsang kinerja antibodi serta sel-sel darah putih. Sehingga kegiatan ini sangat cocok jika dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Mulai dari jogging, yoga atau push-up. Setidaknya rutinkan olahraga selama 30 menit sehari.

Dengan berolahraga seseorang juga bisa mengeluarkan bakteri melalui saluran pernapasan, hal ini menjadikannya dapat mengurangi risiko terjangkit berbagai penyakit.

Istirahat cukup

Jika sudah melakukan hal kedua itu, istirahat merupakan hal yang perlu dilakukan. Tanpa istirahat cukup, kedua hal tersebut tentu tidak berarti.

Menurut penelitian Menurut National Sleep Foundation, seorang manusia dewasa setidaknya membutuhkan waktu untuk tidur selama kurang lebih 7-9 jam dalam sehari. Maka dari itu, istirahat yang cukup merupakan cara simpel saat proses meningkatkan imun tubuh.

Minum vitamin

Untuk menyempurnakan pola hidup sehat, kamu perlu membuat ‘tameng’ tubuh dengan meminum vitamin. Namun vitamin yang seperti apa yang bisa mengakomodir kebutuhan tubuh selama pandemi.

Nah, salah satu vitamin yang mampu menjaga tubuh adalah Selkom C. Vitamin C ini, memiliki kandungan yang baik buat tubuh. Mulai dari kandungan vitamin C dengan B komplek.

Sebuah penelitian teranyar yang dimuat di Seminars in Preventive and Alternative Medicine, yang merunut kembali ke lebih dari 100 riset yang dilakukan lebih dari 10 tahun, mengungkapkan bahwa semakin banyak manfaat yang didapat dari vitamin C bagi tubuh, seperti untuk menjaga daya tahan tubuh dan kesehatan kulit.

“Vitamin C mendapat banyak sekali perhatian dan semuanya punya alasan yang tepat. Semakin dalam kami meneliti, semakin banyak pengetahuan yang kami dapat tentang bagaimana vitamin C melindungi kesehatan; mulai dari kardiovaskular, kanker, stroke, kesehatan mata, dan kekebalan tubuh agar bisa hidup lebih lama,” kata salah satu peneliti, Mark Moyad, MD, MPH, dari Universitas Michigan, seperti dikutip dari WebMD.

Vitamin C diketahui aman untuk dikonsumsi dan mudah didapatkan. Baik itu dari asupan makanan dan juga terdapat pada suplemen, yang tentunya sebagai asupan nutrisi pelengkap yang bermanfaat.

 

Sedangkan vitamin B komplek bermanfaat untuk proses metabolisme, menggunakan energi dari makanan, serta memproduksi sel darah merah. Selain itu, vitamin B juga dibutuhkan untuk menjaga sistem saraf pusat, meningkatkan kesehatan kulit dan saraf, serta memproduksi DNA dan membantu pertumbuhan tubuh. Nah, Selkom C memiliki kandungan vitamin yang lengkap. Mulai dari B1, B2, B6, B12, nicotinamide, kalsium pantothenate, dan vitamin C.

Kalau sudah begitu, kamu bisa konsumsi vitamin Selkom C setiap hari 1 kapsul. Tubuh makin sehat dan mampu menjaga daya tubuh selama pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut klik di sini.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini