Sukses

Tingkatkan Layanan COVID-19, Menkes Terawan Minta RS Monitoring Evaluasi

Guna meningkatkan layanan COVID-19 di rumah sakit (RS), Menkes Terawan sarankan lakukan monitoring evaluasi.

Liputan6.com, Jakarta Peningkatan pelayanan COVID-19 di rumah sakit dapat dilakukan dengan monitoring evaluasi. Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto.

"Bisa dilakukan monitoring evaluasi dan rencana tindak lanjut terhadap pasien COVID-19 yang dilayani serta menyampaikan laporan ke dinas kesehatan provinsi dan Kementerian Kesehatan," ujar Terawan saat membuka Seminar Nasional XVII PERSI dan Seminar Tahunan XIV Patient Safety secara virtual, Jumat (30/10/2020).

Penyampaian laporan juga diikuti dengan penilaian dan perencanaan kapasitas juga kebutuhan logistik rumah sakit terhadap lonjakan kasus COVID-19 di rumah sakit masing-masing provinsi dan dinas kesehatan kabupaten/kota, yang menetapkan rumah sakit khusus melayani pasien COVID-19.

Selain itu, perlu upaya meningkatkan jejaring rumah sakit untuk perawatan pasien COVID-19.

"Jadi, penting meningkatkan kerjasama dengan jejaring rumah sakit yang melayani pasien COVID-19 untuk memperkuat operasional layanan dan manajemen rumah sakit serta membangun kerjasama dengan stakeholder di wilayah masing-masing," imbuh Terawan.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Protokol Kesehatan Wajib Ditegakkan di RS

Terawan juga mengungkapkan pentingnya penerapan protokol kesehatan di seluruh lingkungan RS. Upaya ini sebagai langkah mencegah penularan COVID-19.

"Dalam menghadapi transisi menuju Adaptasi Kebiasaan Baru, rumah sakit harus mampu membangun budaya dengan melakukan perubahan pada sistem pelayanan, sehingga mampu mengikuti perkembangan di masa pandemi COVID-19," katanya.

"Tentukan perubahan budaya hidup dengan menerapkan protokol kesehatan di semua lingkungan rumah sakit, seperti menerapkan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak serta mengimplementasikan pencegahan dan pengendalian infeksi di rumah sakit."

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Tips Isolasi Mandiri di Rumah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.