Sukses

Perhimpunan Dokter Paru dan Penyakit Dalam: Vaksin COVID-19 Harus Terbukti Efektivitasnya

Perhimpunan Dokter Paru dan Penyakit Dalam merekomendasikan vaksin COVID-19 harus terbukti efektivitasnya.

Liputan6.com, Jakarta Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dan Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (PAPDI) memberi rekomendasi sekaligus mengimbau agar vaksin COVID-19 yang nantinya diberikan ke masyarakat harus terbukti efektivitasnya. Vaksin juga harus lolos uji klinis.

Dari konfirmasi yang diterima Health Liputan6.com, Kamis (22/10/2020), pernyataan di atas disampaikan PDPI dan PAPDI melalui surat rekomendasi tentang vaksin COVID-19, yang ditujukan kepada Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI).

Berikut ini pandangan tentang vaksin COVID-19 dari PDPI yang ditandatangani Ketua PDPI Agus Dwi Susanto dan Ketua Pokja Bidang Infeksi PDPI Erlina Burhan pada 21 Oktober 2020.

1. PDPI mendukung proses inisiasi dan pengadaan vaksin COVID-19 di Indonesia.

2. PDPI menghimbau agar setiap jenis vaksin yang masuk ke Indonesia harus melewati uji klinis pada populasi Indonesia sebelum disuntikkan ke orang Indonesia.

3. PDPI menghimbau agar setiap jenis vaksin yang akan digunakan di Indonesia mendapatkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

4. PDPI menilai bahwa Kementerian Kesehatan perlu untuk menyampaikan syarat-syarat terkait indikasi penerima vaksin yang resmi dari Pemerintah.

5. PDPI memohon kepada PB IDI agar dapat membuat panduan atau pedoman pemberian vaksin COVID-19 yang dapat dijadikan pegangan bagi anggota PB IDI dalam pemberian vaksinasi.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tidak Perlu Tergesa-gesa

Surat rekomendasi tentang vaksin COVID-19 dari PAPDI ditandatangani Ketua Umum PAPDI Sally A Nasution dan Sekretaris Jenderal Eka Ginanjar memberikan lima rekomendasi. Salah satunya adalah mengutamakan efektivitas dan keamanan vaksin sehingga tidak perlu tergesa-gesa.

Berikut ini rekomendasi PAPDI tentang vaksin COVID-19:

1. Mendukung segala upaya Pemerintah untuk menghadapi pandemi COVID-19, salah satunya program vaksinasi.

2. Berterima kasih kepada Pemerintah yang telah berusaha mengadakan vaksin ini untuk masyarakat, termasuk tenaga kesehatan.

3. Untuk mencapai hasil yang baik dari program vaksinasi tersebut diperlukan persiapan yang baik pula, yaitu vaksin yang akan digunakan terbukti efektivitas, keamanan, dan imunogenisitasnya melalui uji klinik sesuai dengan tahapan pengembangan vaksin baru.

4. Untuk mencapai tujuan tersebut pada poin 3, dibutuhkan waktu yang cukup sehingga tidak perlu tergesa-gesa sambil terus mengingatkan kepada masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan.

3 dari 3 halaman

Infografis Menanti Hasil Uji Klinis Calon Vaksin Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.