Sukses

Kolaborasi Kemenperin dan Kalbe Tingkatkan Kualitas SDM di Bidang Farmasi

Guna memajukkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang farmasi, perlu adanya berbagai pelatihan sejak masa sekolah terutama pelatihan vokasi.

Liputan6.com, Jakarta Guna memajukkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang farmasi, perlu adanya berbagai pelatihan sejak masa sekolah terutama pelatihan vokasi.

Sebagai upaya memajukan vokasi di Indonesia untuk mempersiapkan tenaga kerja yang kompeten, Kementerian Perindustrian RI bersama PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui Kalbe Learning Centre (KLC) menggalakan program vokasi yang bekerja sama dengan 3 sekolah menengah kejuruan (SMK).

3 SMK tersebut adalah SMK Bani Saleh Bekasi, SMK Wirasaba Karawang, dan SMK Farmasi IKIFA Jakarta Timur. Program Vokasi ini merupakan bentuk link and match guna mendukung pemerintah memajukan vokasi di Indonesia untuk mempersiapkan tenaga kerja yaitu siswa SMK Farmasi yang kompeten khususnya di sektor industri farmasi.

“Salah satu bentuk pengembangan sumber daya yang kami lakukan dengan bekerjasama melalui Program vokasi, di mana KLC menjadi jembatan penghubung antara lulusan siswa SMK dengan seluruh manufaktur farmasi Kalbe dalam mempersiapkan basic competency dan attitude yang dipersyaratkan untuk bekerja di perusahaan farmasi,” ujar Micha Catur Firmanto, Kepala Kalbe Learning Centre PT Kalbe Farma Tbk dalam keterangan pers (21/10/2020).

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pelatihan Secara Daring

Program vokasi ini didesain dalam bentuk pembelajaran yang ditujukan kepada siswa SMK dengan materi basic technical skill dan softskill yang diberikan secara online, serta diberikan juga materi kepada tenaga pendidik/pelatih. Untuk memperdalam materi, akan diberikan pelaksanaan praktik kerja bagi siswa dan tenaga pendidik/pelatih yang dilaksanakan langsung di KLC mulai November 2020.

 “Kami mengapresiasi KLC dan berharap pada masa mendatang KLC dapat bekerja sama dengan lebih banyak SMK untuk mempercepat usaha kita membangun SDM yang unggul dan memenuhi kebutuhan industri dengan supply yang ada di dunia pendidikan,” ujar Eko S. A. Cahyanto SH. LLM, Kepala BadanPengembangan Sumber Daya Manusia Industri.

Ini merupakan kerja sama vokasi awal, pada 2021 mendatang pihak KLC akan meningkatkan hubungan kerja sama dengan SMK lainnya. Program vokasi ini juga bertujuan untuk bisa mengurangi kesenjangan yang ada demi meningkatkan persentase daya serap lulusan SMK di industri.

3 dari 3 halaman

Infografis Vaksin COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.