Sukses

Selain Pakai Masker dengan Benar, Dokter Imbau Siapkan Wadah Khusus

Dokter Alfi Auliya Rachman yang berpraktik di RS FMC Bogor menyarankan agar menyimpan masker dalam wadah khusus.

Liputan6.com, Jakarta Terkait penggunaan masker untuk cegah paparan COVID-19, pakar kesehatan tak hanya menyarankan masker kain tiga lapis, melainkan juga memerhatikan cara menyimpannya.

Dokter Alfi Auliya Rachman yang berpraktik di RS FMC Bogor menyarankan agar menyimpan masker dalam wadah khusus. Ia mengatakan, sebaiknya menyiapkan dua kantong khusus berisi masker di dalam tas saat bepergian ke luar rumah.

"Ada dua kotak (wadah) penyimpanan khusus. Kotak yang satu untuk masker yang sudah dipakai, kotak lainnya untuk yang belum dipakai. (Masker) bisa dilapisi dengan tisu atau kain bersih agar tidak kontak dengan barang-barang di luar," ujarnya dalam konferensi pers virtual, Rabu (21/10/2020) melansir Antara.

Saat ingin membuka masker ketika akan makan misalnya, Alfi mengingatkan untuk mencuci tangan terlebih dulu. Kemudian, membuka masker tanpa menyentuh bagian tengah, melainkan talinya saja.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ganti Setelah 4 Jam

Alfi juga berpesan agar tidak menggantung masker di dagu, melainkan masukkan masker ke dalam wadah khusus yang sudah disiapkan lalu menutup wadah itu rapat.

Jika ingin kembali memakai masker, cuci tangan terlebih dudlu lalu sentuh tali masker dan kenakan hingga hidung dan mulut tertutupi secara pas.

Alfi merekomendasikan mengganti masker minimal setiap empat jam atau saat kondisinya sudah lembap, basah, dan kotor. Cuci masker seperti mencuci pakaian biasa namun jangan menggunakan pemutih pakaian. Keringkan masker dengan cara diangin-anginkan.

 

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.