Sukses

10 Faskes Peraih Penghargaan Paling Berkomitmen dalam Pelayanan JKN-KIS

Berikut 10 faskes peraih penghargaan paling berkomitmen dalam pelayanan JKN-KIS.

Liputan6.com, Jakarta BPJS Kesehatan baru-baru ini memberikan penghargaan kepada fasilitas kesehatan (faskes) yang paling berkomitmen terhadap mutu pelayanan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Nominasi penilaian faskes diikuti oleh 21.969 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKTRL) yang diikuti 2.240 rumah sakit di seluruh Indonesia.

Variabel penilaian penghargaan FKTP paling berkomitmen dalam pelaksanaan JKN-KIS adalah bagaimana FKTP menerapkan protokol kesehatan di era Adaptasi Kebiasaan Baru.

Misal, dilihat dari angka pemanfaatan antrean online terkoneksi Mobile JKN, respons time dokter dalam konsultasi tidak langsung melalui Mobile JKN Faskes, serta tersedia prosedur dan sarana pelayanan COVID-19.

Dari keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com, ditulis Senin (19/10/2020), penilaian faskes juga diberikan terhadap upaya FKTP menjaga status kesehatan peserta yang berisiko COVID-19 dengan persentase peserta Program Rujuk Balik (PRB) aktif melakukan kontak.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kompetensi dan Keterbukaan Informasi Faskes

Penilaian apresiasi juga dilihat dari kinerja FKTP, yaitu rata-rata rasio rujukan dan angka kontak Kapitasi Berbasis Pemenuhan Komitmen Pelayanan (KBK), serta mutu FKTP dari nilai Walk Through Audit/Kesan Pesan Peserta.

Variabel penilaian untuk rumah sakit mencakup profil kompetensi rumah sakit, evaluasi pelaksanaan kerja sama, komitmen mutu pelayanan dan indeks kepatuhan serta indeks hasil survei Walk Through Audit (WTA).

Penilaian juga difokuskan pada pengelolaan sistem antrean, display tempat tidur perawatan, dan display tindakan operasi yang terhubung Mobile JKN. Ini sebagai bagian dari keterbukaan informasi kepada masyarakat serta sebagaimana termaktub dalam 10 komitmen peningkatan layanan di tahun 2020.

Yang tak kalah penting, bagaimana rumah sakit memberikan pelayanan terhadap pasien COVID-19.

3 dari 4 halaman

10 Faskes Peraih Penghargaan

Dari ribuan faskes yang dinilai BPJS Kesehatan, terpilih 10 fasilitas kesehatan paling berkomitmen terhadap mutu pelayanan bagi peserta JKN-KIS.

Berikut ini 10 faskes peraih penghargaan:

Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama

1. Kategori Puskesmas: Puskesmas Tapaktuan, Tapaktuan

2. Kategori Klinik Pratama: Klinik Sayang Keluarga, Sleman

3. Kategori Dokter Praktik Mandiri: Dr. Aminah, Barabai

4. Kategori Dokter Gigi: Drg. Rinawati, Magelang

5. Kategori RS Pratama: RS Pratama Kubu, Klungkung

Rumah Sakit

1. Kategori RS Tipe A: RS Dr. Soetomo, Surabaya

2. Kategori RS Tipe B: RSUD Prof Dr. Margono Soekarjo, Purwokerto

3. Kategori RS Tipe C: RSU Hermina Tangkubanperahu, Malang

4. Kategori RS Tipe D: RSU Muhammadiyah Siti Aminah, Tegal

5. Kategori RS dengan Profil Kompetensi Pelayanan Terbaik JKN Tahun 2020: RSUP Dr. Cipto Mangunkusumo, Jakarta

4 dari 4 halaman

Infografis Sanksi Berat Penunggak Iuran BPJS Kesehatan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.