Sukses

Fox Logger ID Card, Kartu Canggih untuk Pantau OTG Isolasi Mandiri dengan Sinyal Real Time

Pendiri Fox Logger perusahaan bidang Internet of Things (IoT) Alamsyah Cheung mengembangkan teknologi Fox Logger ID Card sebagai alat pemantau pasien COVID-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri atau orang tanpa gejala (OTG).

Liputan6.com, Jakarta Pendiri Fox Logger perusahaan bidang Internet of Things (IoT) Alamsyah Cheung mengembangkan teknologi Fox Logger ID Card sebagai alat pemantau pasien COVID-19 yang tengah melakukan isolasi mandiri atau orang tanpa gejala (OTG).

Fox Logger ID Card adalah sebuah alat untuk memantau posisi pergerakan orang atau objek yang menggunakan alat ini. Dengan demikian, pihak pemantau akan bisa dengan cepat mengetahui posisi yang bersangkutan sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat.

Melansir keterangan pers, alat ini berbentuk kartu yang bisa dikalungkan di leher. Melalui alat ini, Satuan Tugas COVID-19 bisa mengetahui posisi pasien yang mengenakannya.  Apabila pasien keluar dari area yang menjadi restriksinya (pembatasan geraknya), maka petugas akan segera mengetahuinya secara real time. Petugas juga bisa langsung berkomunikasi dengan yang bersangkutan.

“Sebab lewat platform Fox Logger ID Card, Satgas bisa membuat batas area isolasi pasien positif COVID-19, misal radius 100 meter dari titik koordinat tempat tinggal pasien. Jika pasien yang sedang dalam masa isolasi ternyata keluar dari radius tersebut, maka tim Satgas akan segera mendapatkan notifikasi via email, serta peringatan di dashboard. ID Card ini akan segera mengirimkan sinyal dan peringatan,” papar Alamsyah dalam rilis, Rabu (14/10/2020).

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur Fox Logger ID Card

Dalam Fox Logger ID Card tersedia Panic Button yang bisa mengabarkan dengan cepat ke Satgas COVID-19 seandainya terjadi sesuatu pada pasien yang sedang dalam masa pengawasan atau isolasi mandiri. Pasien tinggal memencet tombol tersebut sehingga petugas bisa langsung datang karena menerima notifikasi serta peringatan di dashboard.

Semua hal itu dimungkinkan, papar Alamsyah, karena Fox Logger ID Card dikembangkan berbasis teknologi Internet of Things. Kemudian dalam ID Card ini juga terdapat sim card sehingga antara pasien dan Tim Satgas dapat berkomunikasi secara langsung.

“Tim COVID-19 Indonesia bisa langsung menghubungi pasien yang mengenakan Fox Logger ID Card via telepon dan berkomunikasi langsung untuk mengingatkan agar tetap melakukan isolasi mandiri pada waktu yang sudah ditentukan, atau bertanya apa yang dibutuhkan segera,” katanya.

“Dengan teknologi Fox Logger ID Card ini, komunikasi Satgas COVID-19 dengan pasien akan sangat terjaga. Ujungnya, tentu saja besar harapan akan membantu pasien yang bersangkutan sekaligus memutus penyebaran rantai infeksi virus yang mematikan ini.”

Dia juga memastikan server Fox Logger dapat terus memantau pergerakan posisi pasien dan menyajikannya dalam bentuk data peta digital sehingga pengambilan keputusan dan tindakan akan lebih baik.

Menimbang posisi geografis Indonesia serta kedisiplinan masyarakat yang masih rendah dalam menerapkan protokol kesehatan, Alamsyah berharap produk yang dikembangkannya bisa segera dimanfaatkan Satgas COVID-19.

“Saya berharap terobosan Fox Logger, yang notabene karya anak bangsa ini, bisa segera digunakan Satgas COVID-19 untuk menanggulangi pandemi di Indonesia mengingat fungsi-fungsinya yang sangat bermanfaat," tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.