Sukses

Kematian COVID-19 di Indonesia Sepekan Terakhir Turun 9,9 Persen

Kematian COVID-19 di Indonesia turun 9,9 persen pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan kasus COVID-19 mingguan hingga 11 Oktober 2020, terjadi penurunan jumlah kematian di Indonesia. Jumlah kematian secara nasional pekan ini mengalami penurunan 9,9 persen dibanding minggu sebelumnya.

"Meskipun penambahan kasus positif COVID-19 mingguan meningkat, namun jumlah kematian pada pekan ini terus menurun. Ada penurunan lebih besar dari pekan sebelumnya sebesar 9,9 persen," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Media Center COVID-19, Graha BNPB, Jakarta, Selasa (13/10/2020).

Ada 5 provinsi dengan kenaikan kematian COVID-19 tertinggi dalam sepekan hingga 11 Oktober 2020, yakniy:

1. DKI Jakarta naik 65

2. Jawa Tengah naik 7

3. Kepulauan Riau naik 4

4. Kalimantan Tengah naik 3

5. Sulawesi Tengah naik 2

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Treatment dan Tingkatkan Pelayanan

Wiku mengimbau 5 provinsi dengan kenaikan kematian COVID-19 pekan ini semakin menguatkan penanganan COVID-19 di daerah masing-masing.

"Mohon kepada provinsi yang masuk ke dalam lima besar kenaikan kematian tertinggi untuk betul-betul melaksanakan treatment atau penanganan pasien COVID-19 dengan baik."

"Utamanya pada pasien dengan gejala sedang dan berat serta pasien dengan komorbid. Lalu, tingkatkan kualitas pelayanan COVID-19 di rumah sakit. Perbanyak rumah sakit darurat."

Selain itu, jika diperlukan provinsi melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan dan Satuan Tugas COVID-19 apabila membutuhkan bantuan dalam penanganan COVID-19.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi 5 Provinsi yang Angka Kematian Turun

Melihat data kematian COVID-19 per 11 Oktober 2020, apresiasi diberikan kepada 5 provinsi yang menurunkan angka kematian.

"Kami mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan angka kematian pada pekan ini dan berkontribusi dalam penurunan angka kematian secara nasional," lanjut Wiku.

"Provinsi yang pada pekan sebelumnya berada di 5 besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi telah berhasil menekan angka kematian COVID-19. Kelima provinsi tersebut adalah Kalimantan Timur, Jawa Barat, Sumatera Barat, Aceh, dan Papua."

4 dari 4 halaman

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.