Sukses

Termasuk Golongan Obat Cacing, Niclosamide Punya Potensi Antivirus Corona

Termasuk golongan obat cacing, niclosamide punya potensi antivirus Corona.

Liputan6.com, Jakarta Obat niclosamide rupanya punya potensi sebagai antivirus Corona. Hasil tersebut ditunjukkan dari hasil uji klinik yang sedang dilakukan di Korea Selatan, India, dan Filipina.

Perusahaan farmasi Korea Selatan, Daewoong Pharmaceutical ini yang berupaya mengembangkan niclosamide untuk pengobatan COVID-19. Niclosamide termasuk kategori obat anthelmintik--golongan obat yang mematikan atau melumpuhkan cacing. 

"Kami sedang mengembangkan perawatan DWRX2003 yang menggunakan niclosamide. Obat ini sebagai produk inovatif yang menggunakan teknologi injeksi pelepasan berkelanjutan (penggunaan dengan disuntikkan)," ujar CEO Daewoong Pharmaceutical Sengho Jeon dalam dialog virtual Daewoong Pharmaceutical Media Day, ditulis Minggu (4/10/2020)

"Ini salah satu teknologi yang punya efek antivirus Corona lebih kuat daripada obat remdesivir atau klorokuin."

Teknologi injeksi berkelanjutan atau istilahnya IM Depot Injection merupakan teknologi unggulan yang dikembangkan Daewoong Pharmaceutical.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Satu Kali Injeksi Selama 2 Minggu

Beberapa penelitian menunjukkan, pemanfaatan obat niclosamide menurun bila diberikan secara oral. Akan tetapi, melalui teknologi injeksi, keefektivitas obat bisa optimal. 

"Dengan teknologi injeksi, kinerja obat dapat dipertahankan. Jadi, pasien COVID-19 dapat diobati dengan satu kali injeksi selama dua minggu masa rawat inap," lanjut Sengho.

"Uji kemanjuran obat dilakukan pada musang. Hasilnya, ada efek penghambatan virus. Uji klinik fase pertama sedang berlangsung di Korea Selatan, India, dan Filipina."

Sebagai penggunaan darurat untuk COVID-19, niclosamide akan diproduksi massal sekitar kuartal ketiga tahun 2021. Melalui uji coba khusus, efek niclosamide tidak hanya untuk pengobatan COVID-19, tetapi juga virus lainnya.

"Akan kami kembangkan, niclosamide sebagai agen terapeutik," ujar Sengho.

 

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Deretan Kandidat Obat Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.