Sukses

Tiap Berkunjung ke Daerah, Menko Muhadjir Selalu Kampanyekan Protokol Kesehatan

Tiap berkunjung ke daerah, Menko Muhadjr tak pernah berhenti kampanyekan protokol kesehatan.

Liputan6.com, Brebes Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy rupanya tak pernah berhenti mengkampanyekan protokol kesehatan setiap kali berkunjung ke daerah-daerah. Seperti halnya, saat mengunjungi RSUD Brebes, Jawa Tengah beberapa hari lalu.

"Apalagi di rumah sakit. Tentu, risiko tertularnya (COVID-19) sangat tinggi," ujarnya dalam kunjungan kerja ke RSUD Brebes, ditulis Minggu (4/10/2020).

Penguatan protokol kesehatan menjadi kunci untuk menekan laju penyebaran virus Corona. Seluruh elemen harus paham, kesadaran menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak wajib diintensifkan.

Untuk para tenaga medis di RSUD Brebes, Muhadjir juga berpesan, pentingnya mematuhi protokol kesehatan penanganan COVID-19.

"Utamakan keselamatan diri, kemudian pasien. Jangan melanggar SOP. Jangan menawar standar perlindungan alat pelindung diri (APD). Karena itu semua adalah satu-satunya cara untuk tidak terancam dari COVID-19," pesannya.

 

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cek Fasilitas Kesehatan di RSUD

Kunjungan kerja Muhadjir ke Brebes juga untuk menyampaikan instruksi Presiden Joko Widodo terkait penanganan COVID-19. Sekaligus mengecek langsung fasilitas kesehatan di RSUD-RSUD.

"Pak Presiden Jokowi meminta tingkat fatalitas atau kematian (pasien positif COVID-19) terus ditekan. Kemudian meningkatkan jumlah pasien sembuh, dan tentu mengurangi penyebaran virusnya," lanjut Muhadjir sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Terkait penanganan pasien di RSUD Brebes terlihat komitmen pemerintah daerah cukup baik. Sosialisasi protokol kesehatannya juga sangat masif.

"Tadi saya dapat informasi. Bupati, Kapolres, sampai Dandim turun langsung ke masyarakat (sosialisasi protokol kesehatan). Pagi, siang, malam," tambah Muhadjir.

3 dari 4 halaman

Bantu Alat Kesehatan

Sebagai upaya mengoptimalkan kinerja RSUD Brebes, Muhadjir mengatakan, akan membantu pengadaan alat kesehatan.

"Insha Allah, kami juga akan membantu beberapa alat kesehatan untuk RSUD Brebes. Supaya nanti ke depan bisa makin maksimal melayani pasien," tutupnya.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir secara simbolis memberikan bantuan kepada Wakil Bupati Brebes Narjo. Bantuan berupa baju hazmat dan masker.

 

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Sanksi Pelanggar Protokol Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.