Sukses

Jubir Wiku: Vaksin COVID-19 Tidak Bisa Jadi Tumpuan untuk Atasi Pandemi

Ada anggapan pemerintah Indonesia hanya menantikan vaksin COVID-19 untuk mengatasi pandemi ini. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito menegaskan bahwa vaksin COVID-19 bukanlah tumpuan untuk mengatasi pandemi ini. 

"Vaksin adalah salah satu intervensi untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat," tegas Wiku dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan pada Kamis (24/9/2020).

Wiku menekankan bahwa yang paling penting alias langkah utama dalam kondisi pandemi COVID-19 saat ini adalah menjalankan protokol kesehatan. Yakni dengan sebisa mungkin tidak usah keluar rumah bila tidak terlalu diperlukan, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

"Dan, itu bisa dilakukan sejak awal pandemi sampai sekarang dan sampai seterusnya," tutur Wiku.

 

Ia berharap masyarakat tidak lagi bertumpu pada kehadiran vaksin dalam mengatasi COVID-19.

"Sekali lagi, kami mohon agar masyarakat tidak bertumpu pada vaksin. Masyarakat harus patuh pada protokolkesehatan. Demi menyelamatkan diri dan orang lain di sekitar."

Saat ini memang beberapa vaksin COVID-19 sudah masuk uji klinis fase tiga, termasuk vaksin Sinovac dari China. Namun, hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang benar-benar efektif dan aman untuk menangkal COVID-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis 5 Kandidat Vaksin Covid-19 untuk Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini