Sukses

Satgas COVID-19: Waspadai Klaster Pengungsi Banjir

Satgas COVID-19 juga meminta masyarakat waspada beberapa penyakit seperti demam berdarah, lepra, tifus, diare, dan penyakit kulit yang bisa menurunkan imunitas

Liputan6.com, Jakarta Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 memperingatkan bahaya beberapa penyakit yang bisa muncul di musim penghujan, khususnya dari klaster pengungsian dari banjir.

Pernyataan ini disampaikan oleh Juru Bicara Pemerintah dan Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito pada Kamis (24/9/2020) dari Istana Kepresidenan, Jakarta.

"Beberapa daerah sudah mulai masuk ke musim tersebut dan kami ingin mendorong kepada pemerintah daerah agar siap siaga dan berupaya meminimalisir risiko penularan COVID-19 selama musim hujan ini,' kata Wiku.

Ia mengatakan, salah satu klaster COVID-19 yang harus diwaspadai adalah dari pengungsian korban bencana banjir.

Tindakan disiplin protokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menjaga kebersihan lokasi pengungsian, bisa mengurangi risiko penularan COVID-19 dari klaster tersebut.

"Kebersihan lokasi pengungsian ini juga akan menjaga para pengungsi dari penyakit-penyakit lainnya yang mungkin timbul selama musim penghujan ini."

Beberapa penyakit yang diminta waspada oleh Wiku antara lain demam berdarah, lepra, tifus, diare, dan penyakit kulit.

"Semua penyakit ini dapat menurunkan imunitas sehingga masyarakat menjadi rentan tertular oleh COVID-19," ujarnya.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Banjir Datang, Waspada Klaster Pengungsian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.