Sukses

Konsumsi Kedelai, Bermanfaatkah untuk Kulit?

Pakar gizi mengatakan, kedelai juga bermanfaat bagi kulit. Salah satunya adalah mengurangi kerutan wajah

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi kedelai ternyata punya manfaat untuk menjaga kesehatan kulit seperti mengurangi kerutan wajah.

Dr. Rimbawan, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dalam sebuah seminar daring awal pekan ini mengatakan, ada banyak kandungan dalam kedelai yang membantu kulit menjadi terlihat lebih baik.

"Tidak cuma isoflavon saja, bekerjanya bersama-sama, adanya isoflavon, ada asam lemak omega-3, ada vitamin C, ada vitamin E, dan likopen di situ," kata Rimbawan, ditulis Kamis (24/9/2020).

Ia menambahkan, dalam sebuah studi, apabila kedelai "dikonsumsi secara oral selama 14 pekan secara berturut-turut" maka dapat "mengurangi secara signifikan kedalaman kerutan wajah."

Selain itu, dalam sebuah uji klinis terhadap minuman yang mengandung isoflavon, senyawa ini juga terbukti secara statistik menurunkan kerutan pada kulit sekitar 10 persen.

Simak Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kedelai Timbulkan Jerawat?

"Isoflavon kedelai itu meningkatkan sintesis kolagen yang membuat tubuh kita menjadi tetap kenyal," kata Rimbawan yang juga Ketua Departemen Gizi Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB ini.

Ia menambahkan, susu kedelai juga mampu meningkatkan penyerapan isoflavon yang membuat efek positif dengan mengurangi kerutan di wajah seseorang.

Di sisi lain, ada pernyataan yang menyebutkan bahwa kedelai dapat memicu jerawat di kulit karena adanya fitoestrogen yang dipercaya mengganggu keseimbangan hormon.

Terkait hal ini, Rimbawan mengatakan bahwa sifat estrogen dalam tubuh dan fitoestrogen dari tanaman berbeda. "Beberapa jenis kacang-kacangan malah sifatnya positif untuk kulit. Kacang kedelai juga kaya omega-3, baik untuk kecantikan kulit."

Beberapa orang juga mungkin khawatir terhadap alergi usai mengonsumsi kedelai. Untuk hal ini, Rimbawan menyebut bahwa memang ada kondisi seseorang yang alergi terhadap makanan tersebut. Hanya saja, tak semua orang akan mengalaminya.

3 dari 3 halaman

Infografis 6 Cara Ampuh Hilangkan Bekas Jerawat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.