Sukses

Cegah Rambut Rontok Berlebihan, Lakukan 5 Perubahan Gaya Hidup Ini

Melakukan perubahan pada gaya hidup bisa membuat rambut rontok berlebihan.

Liputan6.com, Jakarta Rambut rontok tidak memandang jenis kelamin, kondisi ini bisa terjadi pada pria dan wanita. Penyebab rambut rontok ada beragam. Kebiasaan gaya hidup sehari-hari yang dapat menjadi faktor terjadinya rambut rontok.

Penyebab rambut rontok lainnya bisa berupa kondisi medis, perubahan hormonal, bahkan genetik. Namun, gaya hidup sehat seperti pola makan dan mengurangi stres dapat membantu mengurangi kerontokan pada rambut.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi kerontokan rambut seperti dilansir Times of India:

1. Ubah Pola Makan

Makan makanan yang sehat dan seimbang sangat penting untuk memperlambat kerontokan rambut. Pastikan untuk menambah asupan protein Anda dan melakukan olahraga teratur untuk meningkatkan kesehatan rambut.

Makanan seperti daging, ikan, kacang-kacangan, buah, dan sayuran hijau harus dimasukkan ke dalam menu harian Anda. Untuk melengkapi pertumbuhan rambut, pertimbangkan untuk mengonsumsi multivitamin seperti biotin, vitamin A dan B, dan beta-karoten.

Simak Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Berhenti Merokok

Merokok adalah salah satu faktor pemicu kenrontokan rambut. Dan, tentu saja, merokok juga dapat merusak kesehatan Anda secara keseluruhan.

Cara paling efektif untuk menghindari masalah kesehatan lebih lanjut adalah dengan berhenti merokok sama sekali. Studi menunjukkan bahwa merokok merusak DNA dari folikel rambut dan mengganggu pertumbuhan rambut.

3 dari 5 halaman

3. Gunakan Pelindung Kepala Saat Keluar Rumah

Fakta ini mungkin mengejutkan Anda, tetapi sinar UV matahari juga dapat merusak rambut Anda. Paparan berlebihan terhadap radiasi UV merusak dan melemahkan protein di rambut. Protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut dan memengaruhi kualitas rambut Anda secara keseluruhan dalam jangka panjang. Menggunakan topi untuk mencegah matahari bisa menjadi cara bijak untuk menghabiskan hari Anda di luar.

4 dari 5 halaman

4. Hindari Stres

Stres telah diidentifikasi sebagai salah satu penyebab utama banyak masalah kesehatan, termasuk rambut rontok. Stres dapat menyebabkan rambut rontok dan mengganggu rambut memasuki siklus pertumbuhan baru.

Untuk mengatasi rambut rontok akibat stres, coba atur stres dan manjakan diri dengan olahraga teratur dan meditasi.

5 dari 5 halaman

5. Hindari Menggunakan Catokan Berlebihan

Penggunaan alat penata rambut seperti catokan atau pengering rambut yang berlebihan memiliki efek serius dan merusak pada folikel rambut. Penggunaan alat penata rambut yang ekstrem seperti pengering rambut dan catokan dapat dengan mudah merusak kunci dan juga melemahkan akarnya.

Penggunaan alat-alat ini secara teratur dan berlebihan dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut, membuat rambut lebih lemah dan tipis. Seseorang harus mencoba untuk membatasi penggunaan alat penata panas dan menggunakannya dengan tindakan pencegahan yang diperlukan.

 

(Penulis:Deskhila Wijaya)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.