Sukses

Kota Bandung Terima Kiriman 20 Ribu Masker dari Suwon, Korea Selatan

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung mendapat bantuan alat pelindung diri (APD) dari Kota Suwon, Korea Selatan.

Liputan6.com, Bandung - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung mendapat bantuan alat pelindung diri (APD) masker dari Kota Suwon, Korea Selatan. Rincian bantuan berasal dari sister city itu, berupa masker jenis KF94 atau KF80 sebanyak 20 ribu masker dengan nilai Rp296.712.000.

Wali Kota Bandung yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Oded M. Danial menghaturkan terima kasih atas kolaborasi dan perhatian yang diberikan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Suwon untuk Pemkot Bandung dalam upaya menekan pertumbuhan pandemi.

Alhamdulillah, Pemkot Bandung kembali mendapatkan bantuan masker. Kali ini dari Kota Suwon. Mudah-mudahan ini dapat membantu Pemkot Bandung menekan penyebaran COVID-19 di Kota Bandung,” ujar Oded dalam keterangan resminya ditulis Bandung, Rabu, 23 September 2020.

Kota Suwon, Korea Selatan merupakan sister city (kota bersaudara) sejak ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) tentang Kerja Sama Kota Bersaudara pada 25 Agustus 1997 lalu.

Oded memastikan, Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung akan menginventarisir data permohonan dan menyalurkan bantuan sesuai mekanisme dan ketersediaan masker.

"Nanti secepatnya akan menyalurkan masker tersebut. Disesuaikan dengan permohonan dan data yang diterima sesuai dengan kebutuhan dan mekanisme tertib administratif,” kata Oded.

 

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

20 Ribu Masker

Bantuan masker secara simbolis diberikan oleh Kepala Bagian Kerja Sama Setda Kota Bandung, Duddy Prayudi kepada Oded. Hadir pada acara tersebut Sekretaris Daerah Kota Bandung sekaligus Ketua Harian Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 dan Kepala Disdagin yang juga Koordinator Bidang Logistik Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Bandung, Elly Wasliah.

Duddy Prayudi mengatakan bahwa bantuan ini didasari atas kerja sama sister city antara Pemerintah Kota Suwon dengan Pemkot Bandung.

“Pemkot Suwon berinisiasi untuk memberikan bantuan masker kepada Kota Bersaudara atau sister city di seluruh dunia berupa masker. Alhamdulillah Kota Bandung mendapatkan 20.000 masker,” tuturnya.

Duddy menambahkan, seluruh proses administrasi dan biaya pengiriman masker menjadi tanggung jawab Pemkot Suwon.

Artinya ucap Duddy, Pemkot Bandung hanya menerima bantuan saja. Seluruh proses administrasi dilakukan oleh Pemkot Suwon.

"Kita berkoordinasi dengan Bea Cukai,” jelas Duddy.

Tak hanya masker, ia pun berharap mendatang ada beberapa sister city yang dapat memberikan bantuan APD lainnya untuk kebutuhan penanganan COVID-19 di Kota Bandung. (Arie Nugraha)

3 dari 3 halaman

Infografis Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.