Sukses

Kelompok Usia di Atas 45 Sumbang Hampir 80 Persen Kematian COVID-19

Kelompok usia di atas 45 tahun menyumbang hampir 80 persen kematian COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Kelompok usia di atas 45 tahun menyumbang hampir 80 persen kematian COVID-19 di Indonesia. Data tersebut dihimpun Satuan Tugas Penanganan COVID-19 per 13 September 2020.

"Jika dilihat dari kelompok usia, ternyata hampir 80 persen (79,78 persen) dari total kasus kematian COVID-19 berasal dari kelompok usia di atas 45 tahun," jelas Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito saat konferensi pers di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (17/9/2020).

"Kelompok usia ini harus benar-benar menjaga kesehatannya dan sebisa mungkin tidak berkegiatan di luar rumah. Kemudian tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat."

Jika terpaksa keluar rumah, maka harus sepenuhnya menerapkan protokol kesehatan.

"Memakai masker, menjaga jarak di tempat umum, dan rajin mencuci tangan. Hindari menggunakan transportasi umum untuk mencegah penularan COVID-19," lanjut Wiku.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Usia Produktif 19 sampai 45 Tahun

Wiku menambahkan, kelompok usia produktif antara 19 sampai 45 tahun menjadi kelompok usia terbesar secara persentase yang terkonfirmasi positif COVID-19.

"Sebagai kelompok usia yang produktif dengan mobilitas relatif tinggi dan frekuensi interaksi sosial juga tinggi, mereka berpotensi menjadi carrier yang dapat menularkan COVID-19 kepada keluarga ataupun kerabatnya," tambahnya.

"Selain itu, juga berpotensi menularkan COVID-19 kepada kelompok orang-orang yang berusia rentan dan tinggal bersama. Pada kelompok usia produktif harus betul-betul bisa menjaga diri dengan benar menerapkan protokol kesehatan saat bekerja."

Ketika harus keluar rumah, protokol kesehatan juga harus diterapkan. Saat kembali ke rumah harus betul-betul membersihkan diri terlebih sebelum berinteraksi dengan kelompok usia rentan.

3 dari 4 halaman

Meningkat 25 Persen

Data Satgas COVID-19 juga mencatat selama satu minggu terakhir, rata-rata jumlah kasus meninggal 105 kasus atau meningkat sebesar 25 persen dibandingkan seminggu sebelumnya.

"Secara persentase, rata-rata kasus meninggal juga meningkat, dari 3 persen pada minggu yang lalu menjadi 7 persen pada minggu ini," tambah Wiku.

"Artinya, sejak bulan September 2020, angka kematian akibat COVID-19 perlu betul-betul menjadi perhatian."

4 dari 4 halaman

Infografis Drama Tragis Korban Corona di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.