Sukses

Selain Ventilator, Tim Taskforce Kemenkes Serahkan 16.000 Masker ke 5 Wilayah di Jatim

Selain ventilator COVID-19, Tim Taskforce Kemenkes menyerahkan 16.000 masker ke 5 daerah di Jawa Timur.

Liputan6.com, Surabaya Selain ventilator COVID-19, Tim Taskforce Kementerian Kesehatan menyerahkan bantuan 16.000 masker ke 5 daerah di Jawa Timur. Penyerahan bantuan juga disaksikan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Adapun 5 kabupaten/kota di Jawa Timur yang menerima bantuan masker, yakni Kabupaten dan Kota Sidoarjo, Kabupaten dan Kota Pasuruan serta Kabupaten Mojokerto.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Kesehatan telah peduli dan membantu Jawa Timur dalam mengurangi angka positif COVID-19," ujar Khofifah saat menerima kunjungan Tim Taskforce Kemenkes di Pendopo Delta Wibawa Kabupaten Sidoarjo, Rabu (16/9/2020).

Tim Taskforce Kemenkes ini membantu penanganan COVID-19 di 9 provinsi (Papua, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Bali, Jawa Barat, dan DKI Jakarta).

Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Kesehatan Kementerian Kesehatan RI H. M. Subuh bersama Rombongan ditugaskan Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto melakukan kunjungan awal Monitoring Pengendalian COVID-19 di Jawa Timur.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ventilator untuk 15 Rumah Sakit

Bantuan ventilator berjumlah 26 unit dari USAID melalui Kemenkes dihibahkan ke Jawa Timur. Khofifah juga berterima kasih atas bantuan ventilator.

"Pemberian bantuan ventilantor ini guna siap siaga bilamana terjadi hal terburuk pada pasien COVID-19," ujar Khofifah sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

Ke-15 rumah sakit yang menerima bantuan ventilator, antara lain:

1. Kota Mojekerto dengan RSUD dr. Wahidin Sudirohusodo sejumlah 1 unit

2. Kota Pasuruan dengan RSUD dr. Soedarsono sejumlah 4 unit

3. Mojekorto dengan RSUD Prof. Dr. Soekandar sejumlah 2 unit

4. Pasuruan dengan RSUD Bangil sejumlah 3 unit 

5. RSUD Grati sejumlah 1 unit

6. Sidoarjo dengan RSI Siti Hajar Sidoarjo sejumlah 2 unit

7. RSU Mitra Keluarga Waru sejumlah 2 unit

 

3 dari 3 halaman

Tekan Angka Kematian

8. RSU Siti Khodijah sejumlah 3 unit

9. RS anwar Medika sejumlah 2 unit

10. RS Citra Medika sejumlah 1 unit

11. RS Bhayangkara Pusdik Sabhara Porong sejumlah 1 unit

12. RS Aisyiah Siti Fatimah Tulangan sejumlah 1 unit

13. RS Arafah Anwar Medika sejumlah 1 unit

14. RS Al-Islam H.M Mawardhi sejumlah 1 unit

15. RS Rahman Rahim sejumlah 1 unit

"Kami harap pemberian alat bantu ventilator ini menjadi dukungan sekaligus motivasi bagi rumah sakit maupun tenaga kesehatan dalam mengurangi dan menekan angka kematian yang disebabkan oleh COVID-19 di Jawa Timur," tambah Subuh.

Kunjungan selanjutnya, Subuh melakukan diskusi di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) terkait persoalan yang dihadapi dalam penanganan COVID-19 di kabupaten/kota Jawa Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.