Sukses

Ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Jakarta Hampir Penuh, Doni Monardo: Jumlah Tempat Tidur Terbatas

Terkait ruang ICU RS Rujukan COVID-19 Jakarta yang hampir penuh, Doni Monardo mengungkapkan bahwa kapasitas tempat tidurnya terbatas.

Liputan6.com, Jakarta Ruang Intensive Care Unit (ICU) RS Rujukan COVID-19 di Jakarta nyaris penuh. Menurut Ketua Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Doni Monardo hal ini terkait dengan kapasitas tempat tidur yang jumlahnya terbatas.

Ruang ICU yang penuh tersebut dari RS Rujukan COVID-19 yang punya kapasitas tempat tidur di bawah 10 unit.

"Memang sudah diinformasikan tentang jumlah tempat tidur yang semakin terbatas. Apabila tidak ditangani dengan baik, maka tanggal 17 September 2020 yang akan datang dikhawatirkan (RS Rujukan COVID-19) akan penuh," ujar Doni usai rapat terbatas pada Senin (14/9/2020).

"Kami jelaskan pada teman-teman bahwa Menteri Kesehatan juga jajaran TNI dan Polri telah melakukan berbagai langkah-langkah bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI, termasuk didukung oleh seluruh pimpinan RS Rujukan COVID-19 di Jakarta."

Lebih lanjut, Doni mengatakan, dilihat data persentase ruang yang mengalami peningkatan pasien COVID-19, rata-rata ruang ICU yang penuh itu terdiri dari satu sampai delapan tempat tidur.

"Ada 20 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta yang jumlah tempat tidur telah mencapai 100 persen. Ya, rata-rata ada yang satu, 2 dan yang paling tinggi angkanya adalah 8 tempat tidur," lanjutnya.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Daftar 20 RS Rujukan yang Penuh

Dari data yang diterima Health Liputan6.com per 11 September 2020, sebanyak 20 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta sudah penuh kapasitas tempat tidur di ruang ICU.

Rincian 20 rumah sakit tersebut, antara lain:

1. RS Umum AL Dr Mintoharjo

2. RS MMC

3. RS Prikasih

4. RS Pusat AU dr. Esnawan Antariksa

5. RS Islam Jakarta Pondok Kopi

6. RS Harapan Bunda

7. RS Adhyaksa

8. RS Saint Carolus

9. RS Islam Jakarta Cempaka Putih.

10. RS Hermina Kemayoran

11. RS Grha Kedoya

12. RS Kanker Dharmais

13. RS Siloam Kebon Jeruk

14. RS Hermina Daan Mogot

15. RS Puri Indah

16. RS Mitra Keluarga Kalideres

17. RS Hermina Podomoro

18. RS Pluit

19. RS Pantai Indah Kapuk

20. RS Pekerja

 

3 dari 3 halaman

Tempat Isolasi Mandiri

Doni menambahkan ada 47 RS Rujukan COVID-19 di Jakarta yang jumlah kapasitas tempat tidur ruang ICU di atas 10 unit.

"Pemerintah telah melakukan berbagai langkah upaya sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo pada dua minggu yang lalu. Ketika Gubernur DKI Anies Baswedan sama Bapak Menko Perekonomian dan Bapak menteri Kesehatan hadir Istana Bogor," tambahnya.

"Langkahnya adalah menyiapkan lebih banyak tempat-tempat untuk isolasi mandiri agar tidak ada lagi masyarakat yang isolasi di rumah. Ini semuanya kami fasilitasi."

Pemanfaatan hotel bintah dua dan bintang tiga juga telah diupayakan sebagai tempat isolasi.

"Kami sudah koordinasikan untuk DKI dan berjalan koordinasinya," pungkas Doni.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.