Sukses

Hotel Berbintang Juga Jadi Tempat Isolasi Pasien COVID-19 Tak Bergejala di Jakarta

Menkes mengatakan, selain penggunaan tower di Wisma Atlet, pemerintah juga menyiapkan hotel dan Bapelkes untuk menangani COVID-19, khususnya di DKI Jakarta

Liputan6.com, Jakarta Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengatakan bahwa pemerintah menambah tempat isolasi pasien COVID-19 yang bergejala ringan serta tanpa gejala.

Pernyataan tersebut disampaikan Terawan dalam keterangan persnya usai rapat terbatas di Istana Kepresidenan, Jakarta pada Senin (14/9/2020).

Untuk di DKI Jakarta, Terawan mengatakan bahwa untuk pasien COVID-19 bergejala ringan telah disiapkan dua tower di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran.

"Itu disiapkan dua tower, tower 6 terdapat tempat tidur sebanyak 1.746 sudah terisi 888. Sedangkan tower 7 terdapat 2.472 tempat tidur baru terisi 749," kata Terawan seperti dikutip dalam siaran persnya di saluran Youtube Sekretariat Presiden.

Sementara bagi pasien tanpa gejala, flat isolasi mandiri Wisma Atlet Kemayoran telah menyiapkan dua tower yaitu tower 4 dan 5. "Untuk tower 4 ada 2.472 tempat tidur, ini belum terisi, sedangkan tower 5 terdapat 2.472 tempat tidur, baru terisi 81."

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kerja Sama dengan Hotel

Di samping itu, pemerintah juga menyiapkan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) di Jakarta dan Ciloto dengan kapasitas 326 kamar untuk menampung 653 orang.

Terawan juga menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan beberapa Bapelkes lain di Batam, Semarang, dan Makassar.

"Untuk hotel bintang dua dan tiga di Jakarta, juga dapat dipergunakan untuk isolasi mandiri untuk yang tanpa gejala ini. Jumlahnya ada 10 sampai 15 hotel dengan kapasitas 1.500 kamar atau tiga ribu orang," ujarnya.

Ia menambahkan, mereka telah bekerjasama dengan beberapa grup jejaring hotel seperti Accor dan Harris . "Jumlah hotel ini dapat ditambah menjadi 15 sampai 30 hotel jika diperlukan."

Terawan juga mengatakan bahwa hotel-hotel yang bekerjasama dengan pemerintah telah menyatakan kesiapan mereka apabila diperlukan hotel untuk isolasi pasien COVID-19 gejala ringan dan tak bergejala di luar Jakarta.

3 dari 3 halaman

INFOGRAFIS: Perbandingan Tingkat Kematian COVID-19 di ASEAN

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.