Sukses

Tak Perlu Malu, Ini Manfaat Kentut Belasan Kali Setiap Hari

Kentut sangat berperan penting untuk kesehatan Anda. Ahli kesehatan bahkan mengatakan, kentut belasan kali setiap hari adalah hal yang normal dan justru mengindikasikan kesehatan usus besar.

Liputan6.com, Jakarta Kentut, terutama jika terdengar dan berbau bisa membuat malu. Namun, kentut sangat berperan penting untuk kesehatan Anda. Ahli kesehatan bahkan mengatakan, kentut belasan kali setiap hari adalah hal yang normal dan justru mengindikasikan kesehatan usus besar.

"Kentut memberi tahu kita banyak hal tentang kesehatan pencernaan kita. Sebenarnya sangat normal untuk buang angin lebih dari belasan kali sehari. Kurang buang angin justru menunjukkan berkurangnya keragaman bakteri saluran pencernaan bagian bawah," ujar Kelly Jones MS, RD, CSSD, LDN, dari Kelly Jones Nutrition, seperti dilansir dari MensHealth.

Memiliki mikrobioma yang beragam penting untuk kesehatan yang baik dalam banyak hal, termasuk peningkatan mood dan kinerja kebugaran, kesehatan jantung yang lebih baik, dan sistem kekebalan yang lebih sehat. 

Berikut ini manfaatnya kentut yang mungkin belum Anda ketahui:

1. Memberitahu kebutuhan karbohidrat kompleks tercukupi

"Pola makan yang kaya akan kacang-kacangan, sayuran, buah-buahan, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian telah lama dikaitkan dengan manfaat kesehatan, dan perut kembung yang sehat dapat menjadi indikasi dari hal ini," kata Jones.

Karbohidrat kompleks terdiri dari fermentasi serat, pati resisten, dan oligosakarida yang merupakan makanan untuk bakteri baik di saluran pencernaan bagian bawah. Gas adalah produk sampingan hasil dari fermentasi ini, dan itulah yang Anda keluarkan dan Anda sebut dengan kentut.

Jadi, setiap kali Anda kentut sekaligus, hal ini memberitahu Anda bahwa usus Anda sehat dan Anda memiliki mikrobioma baik yang membantu mempertahankannya.

2. Meningkatkan kesehatan usus besar

Sebagaimana dijelaskan pada poin sebelumnya, kentut dapat membuat usus Anda senang dan menurunkan risiko komplikasi usus besar di kemudian hari.

"Jika menahan kentut, dampak jangka pendeknya yaitu dapat membatasi motilitas usus, menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan, nyeri dan bahkan sembelit," kata Jones.

Itu artinya, membiarkan kentut lepas dapat membuat usus besar Anda bergerak teratur dan Anda pun merasa nyaman.

“Dalam jangka panjang, sembelit yang teratur meningkatkan risiko divertikulitis (infeksi usus besar),” katanya. Jadi, jangan menahan kentut terlalu lama, lepaskanlah jika harus.

 

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membantu makan lebih baik

Anda tentu tidak ingin buang angin terlalu sering atau terlalu jarang. Dengan mengetahui makna buang angin berbau busuk, Anda dapat memperbaiki pola makan.

"Jika Anda sering kentut dan sering berbau busuk, itu mungkin mengindikasikan diet Anda terlalu kaya protein, gula, atau lemak jenuh dibandingkan karbohidrat sehat dan lemak nabati. Ini mungkin juga terjadi jika diet Anda kaya akan pemanis buatan dan alkohol gula," kata Jones.

Ini mungkin hasil dari makanan sehat juga, seperti telur kaya sulfur atau brokoli. Tetapi jika Anda tidak memakannya dan gas Anda masih sangat bau, sebaiknya Anda mengevaluasi keseimbangan asupan protein, gula, dan lemak jenuh yang Anda konsumsi.

4. Membantu mengidentifikasi intoleransi makanan

Kentut belum tentu mengeidentifikasi kalau Anda intoleransi terhadap sesuatu yang dikonsumsi. Namun, ada baiknya menyelidiki sedikit sebelum Anda berkonsultasi dengan ahli gastroenterologi atau ahli gizi yang berspesialisasi dalam masalah gastrointestinal.

“Kesulitan kentut, kembung yang menyakitkan, atau gas yang berbau tidak sedap dapat mengindikasikan intoleransi makanan,” kata Jones.

Namun, jika makanan yang tidak Anda konsumsi secara teratur menyebabkan gas, seperti kacang-kacangan atau kembang kol, mungkin bakteri usus baik Anda sedang menyesuaikan diri dengan makanan baru saat mereka memfermentasi karbohidrat.

Beri tubuh Anda sedikit kesempatan untuk lebih memahami makanan sebelum Anda memutuskan untuk tidak memakannya. “Seringkali,asupan makanan ini yang lebih teratur selama beberapa minggu mengarah pada keseimbangan bakteri yang lebih sehat dan produksi gas yang lebih sedikit,” Jones menjelaskan. Tetapi jika bukan itu masalahnya dan kembung yang tidak nyaman serta gas yang berbau tidak sedap tetap ada saat Anda mengonsumsi makanan tertentu, konsultasikanlah dengan dokter.

3 dari 3 halaman

Infografis DISIPLIN Protokol Kesehatan Harga Mati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.