Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

5 Trik Percepat Menstruasi dan Ringankan Alirannya

Adakah cara untuk mempercepat menstruasi dan alirannya tidak terlalu deras?

Liputan6.com, Jakarta Terkadang menstruasi datang di waktu yang tidak tepat. Apalagi kalau siklus bulanan Anda tidak teratur, jadi susah menghitungnya. Adakah cara untuk mempercepat menstruasi dan alirannya tidak terlalu deras? 

Alat kontrasepsi hormonal merupakan alat yang jelas-jelas dapat mengatur aliran menstruasi. Jika tidak menghentikannya sepenuhnya, kontrasepsi seperti pil, implan, dan IUD dapat mengurangi panjang dan kekuatan menstruasi secara teknis.

“Pil KB dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda, begitu juga dengan penurunan berat badan dan polycystic ovary syndrome (PCOS) yakni kondisi terganggunya fungsi ovarium pada wanita,” ucap Christine Greves, dokter obgyn di Orlando, AS.

Seperti dilansir The Sun, meskipun penelitian ilmiah tentang penundaan atau penghentian menstruasi melalui metode yang lebih holistik masih langka, ada beberapa trik yang dapat Anda lakukan untuk mencoba membatasi aliran darah sebanyak mungkin:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Mulailah berolahraga dan makan dengan baik

Alternatif pengendali menstruasi yang bebas hormon yakni mencoba makan makanan sehat dan seimbang yang dikemas dengan banyak buah dan sayuran. Olahraga juga dapat membantu meringankan aliran menstruasi, dan juga berguna untuk mengurangi retensi air, kembung, dan kram.

3 dari 6 halaman

2. Tingkatkan vitamin C Anda

Vitamin C apabila dikonsumsi dalam dosis yang tepat, dapat mengurangi kadar progesteron dan pada gilirannya dapat membantu memecah lapisan rahim Anda lebih cepat - memperpendek menstruasi Anda.

Tetapi berhati-hatilah, terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan efek samping yang tidak menyenangkan seperti diare dan insomnia, jadi jangan mengonsumsi lebih dari dosis yang dianjurkan.

4 dari 6 halaman

3. Minum teh daun raspberry merah

Raspberry Leaf dikatakan bisa membantu meringankan perdarahan menstruasi yang berat, sekaligus meningkatkan kualitas telur.  Teh ini mengandung sesuatu yang disebut fragarine, alkaloid yang ditemukan dalam raspberry, yang dikenal membantu mengencangkan otot di daerah panggul (membantu kram).

Teh juga tinggi tanin yang diyakini memperkuat rahim dan mengurangi perdarahan berat dan siklus yang tidak teratur.

5 dari 6 halaman

4. Hindari penggunaan tampon

Tampon mungkin bagus untuk menyerap darah tetapi berbahaya bagi lingkungan dan ternyata dapat menghalangi aliran menstruasi dari vagina. Akibatnya, tampon bisa membuat haid  berlangsung lebih lama.

Apabla Anda ingin menstruasi lebih cepat, coba gunakan menstrual cup atau pembalut, untuk menjaga area tetap bersih.

6 dari 6 halaman

5. Orgasme

Untuk trik ini belum ada bukti ilmiahnya, tapi layak dicoba juga bukan? Seks atau masturbasi yang mengarah pada orgasme dapat menyebabkan rahim berkontraksi, dan itu dapat mengakibatkan lebih banyak darah menstruasi didorong melalui vagina.

Anda biasanya hanya kehilangan sekitar 16 sendok teh darah, biasanya malah lebih sedikit, yang sebenarnya tidak terlalu banyak. Tapi terasa seperti banyak.

Jadi, apa pun yang dapat membuat rahim mengeluarkan darah lebih cepat mungkin akan mempercepat prosesnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini