Sukses

Keluarkan Peringatan Level 3 Terkait COVID-19, CDC Imbau Warga AS Hindari Bepergian ke Indonesia

Dalam rilisnya, CDC menyatakan bahwa risiko COVID-19 di Indonesia tergolong tinggi

Liputan6.com, Jakarta Centers for Disease Control and Prevention (CDC)atau pusat pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat mengeluarkan peringatan level tiga untuk kasus COVID-19 di Indonesia. Mereka menyatakan bahwa risiko penularan penyakit tersebut di Tanah Air berada dalam tingkat tinggi.

Dalam laman resminya, dikutip Selasa (8/9/2020), CDC merekomendasikan para pelancong untuk menghindari semua perjalanan internasional yang tidak penting ke Indonesia.

"Wisatawan dengan peningkatan risiko penyakit parah akibat COVID-19 harus mempertimbangkan untuk menunda semua perjalanan, termasuk perjalanan penting, ke Indonesia," tulis CDC dalam poin kunci pesan mereka.

"Risiko COVID-19 di Indonesia tergolong tinggi," tulis CDC. "Jika Anda sakit di Indonesia dan membutuhkan penanganan medis, sumber daya kemungkinan terbatas."

Saksikan Juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perjalanan yang Dinilai Penting

Adapun, CDC menyatakan bahwa beberapa perjalanan penting yang kemungkinan masih bisa dilakukan mencakup: perjalanan untuk bantuan kemanusiaan, alasan medis, atau keadaan darurat keluarga.

Namun, mereka menegaskan bahwa orang dewasa yang lanjut usia, orang dari segala usia dengan kondisi kesehatan mendasar tertentu, dan orang yang berisiko tinggi terkena penyakit parah, harus mempertimbangkan untuk menunda semua perjalanan penting termasuk ke Indonesia.

"Jika Anda sakit COVID-19 (atau dinyatakan positif COVID-19, meskipun tanpa gejala) saat berada di luar negeri, Anda mungkin diisolasi atau tidak diizinkan untuk kembali ke Amerika Serikat sampai pulih sepenuhnya dari penyakit Anda."

"Jika Anda terpapar seseorang dengan COVID-19 saat berada di luar negeri, Anda mungkin akan dikarantina atau tidak diizinkan untuk kembali ke Amerika Serikat hingga 14 hari setelah paparan terakhir Anda," tulis CDC pada masyarakat AS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.