Sukses

3 Fokus Relawan Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Apa Saja?

Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas COVID-19 menerangkan 3 konsentrasi relawan dalam upaya pencegahan COVID-19.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Koordinator Relawan Satuan Tugas COVID-19, Andre Rahardian menerangkan tiga konsentrasi relawan dalam upaya pencegahan COVID-19.

“Banyak sebenarnya yang bisa dilakukan oleh relawan satgas penanganan COVID-19 ini. Berkonsentrasi untuk tiga hal, pertama kita memberikan bantuan untuk tenaga kesehatan,” ujar Andre dalam konferensi pers BNPB, Sabtu (5/9/2020).

Konsentrasi kedua adalah melakukan perekrutan dan penempatan relawan baik medis maupun non-medis. Serta konsentrasi ketiga adalah koordinasi bersama bidang-bidang yang ada terutama bidang perubahan perilaku dan bidang penanganan kesehatan.

“Kita men-support program-program tersebut dengan mengajak sebanyak mungkin relawan baik yang sudah terdaftar langsung di Satgas maupun yang terdaftar sebagai relawan pada banyak organisasi massa, organisasi kepemudaan, dan sudah bergerak juga saat ini.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Relawan Independen

Selain relawan yang terdaftar di Satgas, ada juga relawan independen dari berbagai organisasi yang tetap melakukan sinergi dengan Satgas.

“Di struktur kita sejak awal dari 5 bulan yang lalu itu sudah diikutsertakan banyak organisasi seperti pramuka, KNPI, PBNU, Muhammadiyah, semua bekerja sama.”

Tugas-tugas yang dilakukan oleh relawan antara lain penyemprotan disinfektan, pembagian sembako, pembagian Alat Pelindung Diri (APD).

“Sampai saat ini kita membantu kampanye kepada masyarakat, sosialisasi mengenai beberapa hal termasuk penggunaan masker cuci tangan dan menjaga jarak itu yang menjadi program Satgas sekarang.”

Konsentrasi relawan Satgas berbeda dengan relawan gugus tugas sebelumnya. Pada gugus tugas relawan difokuskan dalam perekrutan dan penempatan, sekarang lebih terkonsentrasi pada pelaksanaan dan penyebaran informasi terkait program-program yang dibuat oleh Satgas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.