Sukses

Penyintas Kanker Paru: Pandemi Bikin Dilema, Mau ke RS Takut Tapi Harus Berobat

Pengobatan yang harus tetap dijalani pasien kanker paru membuat mereka merasa dilema karena situasi pandemi

Liputan6.com, Jakarta Terdampaknya layanan kesehatan saat pandemi juga membuat pasien kanker paru merasa khawatir dan dilema. Padahal, pengobatan mereka harus tetap berlanjut.

Hal ini disampaikan oleh Megawati Tanto, Koordinator Kanker Paru untuk Cancer Information and Support Center (CISC) yang juga penyintas dari kanker paru tersebut. "Selama pandemi pasti kita ada rasa takut kalau ke rumah sakit," ujarnya ditulis Minggu (30/8/2020).

"Dokter juga menganjurkan bahwa kalau hanya untuk kontrol boleh ditunda atau lewat WA tapi kalau untuk kemoterapi harus ke rumah sakit," kata Mega dalam sebuah seminar daring beberapa waktu lalu.

"Jadi masalah COVID ini benar-benar dilema. Mau ke rumah sakit takut tapi harus treatment," 

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dilema Tak Hanya pada Pasien

Dokter spesialis paru Sita Laksmi Andarini juga sependapat dengan Mega. Menurutnya, perasaan dilema tak hanya dirasakan oleh pasien kanker paru saja.

"Semua dilema. Orang sehat dilema apalagi untuk penderita kanker dan juga untuk tenaga kesehatan," kata Sita yang juga Wakil Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Perhimpunan Dokter Paru Indonesia itu pada kesempatan yang sama.

Maka dari itu, yang bisa dilakukan saat ini adalah dengan menjaga kesehatan sebaik mungkin dan tetap menjalankan protokol kesehatan seperti cuci tangan, menggunakan masker, dan menjaga jarak.

"Jaga kesehatan dengan tetap exercise ringan. Yang paling penting adalah menjaga mood dan tetap semangat," pungkasnya.

Sita menambahkan, pengobatan bagi pasien kanker harus tetap dilanjutkan dengan menaati berbagai protokol kesehatan tersebut. Sementara, untuk kontrol, pasien boleh menggunakan metode jarak jauh.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.