Sukses

Kata Dokter Jiwa Soal Nonton di Bioskop Bikin Imunitas Meningkat

Imunitas memang akan meningkat setelah nonton di bioskop tapi itu bukan satu-satunya cara melawan infeksi virus.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah mengkaji semua aspek sebelum akhirnya mengizinkan bioskop untuk kembali beroperasi dalam waktu dekat. Dari aspek kesehatan, ekonomi, dan sosial.

Begitu kata Ketua Tim Pakar dan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Indonesia, Prof Wiku Adisasmito, di Graha BNPB, Jakarta pada Rabu, 26 Agustus 2020.

Pada kesempatan itu, Wiku menyebut bahwa bioskop punya karakteristik atau kontribusi penting dalam memberikan hiburan kepada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Sebab, imunitas masyarakat jadi meningkat lantaran muncul rasa bahagia. Pun kesehatan mental dan fisik akan ikut meningkat.

Benarkah demikian? Semudah itukah rasa bahagia meningkatkan kekebalan tubuh seseorang? Lantas, jika sudah bahagia, apakah sudah pasti imunitas tetap terjaga dan terlindungi dari berbagai macam penyakit?

Spesialis Kedokteran Jiwa Omni Hospital Alam Sutera, dr Andri SpKJ, menjawab, banyak hal bisa dilakukan jika ingin meningkatkan imunitas. Pertama dan yang amat penting adalah tidur yang cukup. Tidurlah minimal enam sampai tujuh jam. 

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Lain Tingkatkan Imunitas, Sebelum Nonton Film di Bioskop

Kemudian, mengonsumsi makanan bergizi tinggi. Masukkan semua sumber makanan yang tubuh butuhkan ke dalam piring makan. Dari karbohidrat, protein, serat, dan lemak. Jangan cuma karbohidrat saja. 

"Lalu, berolahraga. Berolahraga ini salah satunya meningkatkan endorfin atau hormon kebahagiaan. Hormon kebahagiaan ini yang bisa meningkatkan imunitas kita," kata Andri kepada Health Liputan6.com melalui pesan singkat, Kamis, 27 Agustus 2020.  

Baru setelah itu, lanjut Andri, melakukan hobi yang disukai. Bisa menonton film, baik di bioskop maupun di rumah melalui siaran televisi, atau melakukan hobi lain seperti bikin kue, bercocok tanam, atau membuat kerajinan tangan.

"Dan, kalau misalnya imunitas kita baik, tentunya kalau kita bicara tentang infeksi virus akan membantu kita melawannya. Namun, bukan satu-satunya cara," kata Andri.

"Kalau imunitas kita itu baik, oke, kita bisa membuat tubuh kita lebih baik dalam melawan virus. Tetapi tergantung juga dari jumlah virus yang masuk ke dalam tubuh. Akumulasi virus itu yang membuat kita bisa tahan atau tidak," Andri melanjutkan.

Misal, imunitas atau kondisi tubuh di kategori cukup baik dan cukup sehat. Namun, virus yang kita hirup masuk ke dalam tubuh terlalu banyak, imunitas kita bisa kalah.

 

3 dari 4 halaman

Hindari Ruangan Tertutup dan Ber-AC

Jadi, kata Andri, sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa membuat akumulasi virus di dalam tubuh kita lebih banyak. Salah satunya, saat ini adalah menghindari berada di ruangan ber-AC dan tertutup. Sebab, itu mengapa sekarang seluruh ruangan disarankan punya ventilasi yang baik.

"Seperti zaman dulu tuh, kita punya rumah ventilasinya bagus, enggak ber-AC seperti sekarang," katanya.

"Kalau rumahnya punya ventilasi yang bagus, itu sebaiknya dibuka jendelanya, supaya aliran udaranya lancar. Dan, berada di ruangan tertutup apalagi ber-AC, apalagi di zaman pandemi seperti ini, tentunya akan meningkatkan risiko terkena virus," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Ingat, Nonton di Bioskop Bukan Satu-Satunya Cara Tingkatkan Imunitas

Bagaimana kalau imunitas kita bagus? Menurut Andri, walaupun imunitas kita bagus tapi jumlah virus atau akumulasi virusnya jadi banyak, tetap tidak bisa.

"Apalagi saat kita di dalam bioskop, misalnya, ada yang makan atau minum, itu kan membuka mulut. Itu harus dihindarkan," kata dia.

Oleh sebab itu, Andri mengingatkan bahwa banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan kebahagiaan dan meningkatkan imunitas. Bukan hanya dengan cara menonton film di bioskop.

"Itu sih saran saya sebagai dokter," kata Andri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.