Sukses

Menterinya Komentar Soal COVID-19, Jokowi : Biar Prof Wiku Saja

Jokowi mengimbau para menterinya untuk 'tidak asal' komentar soal COVID-19

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan pentingnya pemakaian masker untuk mengendalikan COVID-19 di Indonesia.

Hal ini disampaikan Jokowi saat Ratas Laporan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional yang disiarkan langsung di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 24 Agustus 2020.

"Mengenai kedisiplinan dalam pengendalian COVID-19, saya lihat urusan promosi pemakaian masker belum kelihatan sehabis rapat waktu itu," kata Jokowi. 

Menurut Jokowi, pakai masker adalah kunci untuk menekan penyebaran virus SARS-CoV-2 sebelum vaksin COVID-19 disuntikkan ke masyarakat. 

"Tolong, yang berkaitan dengan ajakan memakai dan membagikan masker betul-betul pelaksanaannya bisa dipercepat," kata Jokowi. 

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan para menterinya untuk tidak asal dalam hal memberikan statement terkait penanganan COVID-19 di Indonesia. "Kalau yang saya baca dari jurnalis asing, karena komunikasi yang tidak gamblang dan tidak jelas, yang mereka tulis sering hal-hal tidak baik," ujarnya. 

Oleh sebab itu, Jokowi mengimbau menteri-menterinya untuk berkoordinasi terlebih dahulu dengan Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 di Indonesia, Prof drh Wiku Adisasmito MSc PhD.

"Tidak semuanya berkomentar. Hati-hati. Kalau mau berbicara, biar Prof Wiku saja," katanya. 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi memerintahkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) untuk mengingatkan kembali Satgas COVID-19 di daerah-daerah. Mulai dari gubernur, bupati, walikota, agar benar-benar serius dan bekerja keras dalam rangka penanganan COVID-19. 

Terutama menyeimbangkan gas dan rem yang berkaitan dengan penanganan Corona COVID-19 dan ekonomi. 

 

 

Simak Video Berikut Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.