Sukses

3 Makanan yang Bermanfaat Kuatkan Tulang

Selain susu, ada beberapa makanan lain yang baik untuk tulang.

Liputan6.com, Jakarta Susu identik bermanfaat untuk tulang. Padahal, ada beberapa makanan lain yang baik untuk tulang.

Ada sejumlah sumber makanan bisa membantu menguatkan tulang tanpa kamu harus mengonsumsi susu. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah bahan makanan kaya kalsium sebagai alternatif susu.

- Sayuran Berdaun Hijau

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang bisa memiliki beragam manfaat terutama bagi tulang. Terdapat kandungan kalsium, magnesium, dan vitamin K di dalam sayuran hijau seperti bayam.

Sejumlah kandungan tersebut merupakan hal yang paling dibutuhkan oleh tubuh untuk tulang yang kuat. Menambahkan sejumlah konsumsi magnesium juga diketahui bisa membantu meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang mengalami osteoporosis.

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

- Almond

Almond merupakan sumber kalsium yang paling kaya di antara jenis kacang lainnya. Pakar nutrisi menyebut bahwa 22 butir almond atau 28 gram kacang ini bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian ini.

Almond memiliki kandungan magnesium yang sangat kaya juga di dalamnya. Selain itu, jenis kacang ini juga kaya serat, asam lemak omega-3, serta lemak sehat yang bisa meningkatkan kesehatan otak, jantung, dan usus.

- Ubi

Ubi merupakan salah satu sayuran yang mengenyangkan dan kaya magnesium dan potassium. Sebuah ubi memiliki kandungan potassium dua kali lipat di atas pisang.

Sayangnya, manfaat luar biasa ini bisa sirna ketika terdapat kandungan garam di dalam tulangmu. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengonsumsi terlalu banyak garam setelah maupun sebelum mengonsumsi ubi.

 

Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.