RS Medistra Sediakan Layanan Evakuasi Medis Pakai Helikopter

Oleh Fitri Haryanti Harsono pada 21 Agu 2020, 13:30 WIB
Diperbarui 21 Agu 2020, 13:30 WIB
RS Medistra
Perbesar
Direktur RS Medistra Dini Handayani saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara RS Medistra dan PT Whitesky Aviation di Jakarta, Rabu (19/8/2020), yang mana untuk penyediaan layanan evakuasi medis menggunakan helikopter. (Dok RS Medistra)

Liputan6.com, Jakarta Melawan hiruk pikuk kemacetan Ibu Kota Jakarta pada hari-hari biasa dan suasana Adaptasi Kebiasaan Baru di tengah pandemi COVID-19, RS Medistra Jakarta menyediakan inovasi layanan terbaru. Rumah sakit ini memanfaatkan helikopter sebagai bentuk layanan evakuasi medis bagi pasien darurat (emergency).

"Kami bekerja sama dengan PT Whitesky Aviation mengadakan layanan Evakuasi Medis (Medicine Evacuation/Medevac) Heli Medevac dari Heliport RS Medistra untuk menjemput pasien. Kemudian diantar ke rumah sakit kami," kata Direktur RS Medistra Dini Handayani saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara RS Medistra dan PT Whitesky Aviation di Jakarta, ditulis Jumat (21/8/2020).

"Ada juga layanan PCR SWAB dari RS Medistra dengan tambahan layanan Heli Transport serta layanan In House Clinic. Berbagai layanan ini untuk mempermudah pasien dalam kondisi emergency yang butuh evakuasi perjalanan menuju RS Medistra."

Melalui angkutan pelayanan penerbangan pengobatan dengan sistem Medevac, pihak RS Medistra berharap akan lebih baik dalam melayani setiap pasien yang membutuhkan pelayanan cepat dan mumpuni.

"Selanjutnya, pasien akan ditangani lebih lanjut dengan perlengkapan fasilitas medis sekaligus tenaga medis yang berkualitas di RS Medistra," ujar Dini sebagaimana keterangan resmi yang diterima Health Liputan6.com.

2 dari 3 halaman

Dari Serangan Jantung sampai Kecelakaan

RS Medistra
Perbesar
Direktur RS Medistra Dini Handayani saat penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara RS Medistra dan PT Whitesky Aviation di Jakarta, Rabu (19/8/2020), yang mana untuk penyediaan layanan evakuasi medis menggunakan helikopter. (Dok RS Medistra)

Dalam pelayanan PCR SWAB, RS Medistra menggunakan beberapa metode layanan. Tenaga medis akan mendatangi rumah pasien atau pasien datang langsung ke RS Medistra, bisa dengan pilihan layanan Heli transport ke bandara jika pasien akan bepergian.

"Untuk layanan In House Clinic maksudnya pelayanan kesehatan yang berada di dalam lingkungan industri/ perusahaan untuk segera ditangani RS Medistra. Artinya, jika ada pasien yang sangat membutuhkan pelayanan medis, maka bisa segera dirujuk ke RS Medistra dengan menggunakan Layanan Heli Medevac," tambah Dini.

Ia menambahkan seluruh jenis layanan di atas dapat diakses masyarakat yang ada di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi. Berbagai penyakit, seperti serangan jantung, kecelakaan di jalan tol, stroke, dan kondisi mengancam nyawa lainya yang membutuhkan penanganan super cepat dapat menggunakan helikopter.

"Kami berharap dengan kecepatan layanan heli medevac ini, golden time atas suatu tindakan medis yang di butuhkan dapat benar-benar dapat dimanfaatkan secara optimal," tambah Dini.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓