Sukses

Cerita Salma El Mutafaqqiha Menghitung Anak Tangga Saat Jadi Pembawa Baki Paskibraka 2019

Pembawa baki dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjadi posisi yang vital. Posisi ini telah dijalani oleh Salma El Mutafaqqiha pada 2019

Liputan6.com, Jakarta Pembawa baki dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjadi posisi yang vital. Posisi ini telah dijalani oleh Salma El Mutafaqqiha pembawa baki Paskibraka 2019.

Paskibraka perwakilan Jawa Tengah ini tak menyangka bisa mendapatkan posisi tersebut.

“Enggak nyangka tapi dengan mendapatkan posisi ini jadi memacu diri untuk bisa karena ini tanggung jawab besar dan posisinya vital,” kata Salma kepada Liputan6.com dalam acara 17-an Merdeka, Inspirato Bersama Paskibraka 2019, Senin (17/8/2020).

Ia menambahkan, proses seleksi sebetunya sama dengan paskibraka lain. Dimulai dari tingkat sekolah hingga ke tingkat nasional.

“Dari tingkat sekolah, ke kecamatan, kabupaten, alhamdulillah masuk lima besar di provinsi dan mewakili Jateng untuk nasional.”

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalaman Saat Membawa Baki

Pengalaman menjadi pembawa baki tahun lalu akan selalu dikenang oleh Salma. Ia bersyukur karena telah mendapatkan posisi tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama membawa baki Bendera Pusaka.

“Harus fokus, bawa baki enggak boleh miring-miring, terus harus senyum dari awal sampai akhir dan pandangan lurus ke depan.”

Bagian yang cukup menegangkan adalah ketika pembawa baki naik dan turun tangga. Saat proses itu, Salma mengaku menghitung anak tangga agar langkahnya tepat.

“Enggak takut jatuh sih karena sudah latihan. Kesulitanya mungkin harus mengalir, halus, dan enggak boleh kasar.”

Saat berhadapan dengan Presiden Joko Widodo ia juga tidak merasa tegang. “Karena saat pengukuhan sudah sempat bertemu dan berjabat tangan,” katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.