Cerita Salma El Mutafaqqiha Menghitung Anak Tangga Saat Jadi Pembawa Baki Paskibraka 2019

Oleh Ade Nasihudin Al Ansori pada 18 Agu 2020, 18:00 WIB
Diperbarui 18 Agu 2020, 18:00 WIB
Berbaju Adat Bali, Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT ke-74 RI
Perbesar
Presiden Joko Widodo menyerahkan duplikat bendera pusaka kepada Paskibraka Salma El Mutafaqqiha dalam Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia ke-74 Tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Sabtu (17/8/2019). (Liputan6.com/HO/Kentung)

Liputan6.com, Jakarta Pembawa baki dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) menjadi posisi yang vital. Posisi ini telah dijalani oleh Salma El Mutafaqqiha pembawa baki Paskibraka 2019.

Paskibraka perwakilan Jawa Tengah ini tak menyangka bisa mendapatkan posisi tersebut.

“Enggak nyangka tapi dengan mendapatkan posisi ini jadi memacu diri untuk bisa karena ini tanggung jawab besar dan posisinya vital,” kata Salma kepada Liputan6.com dalam acara 17-an Merdeka, Inspirato Bersama Paskibraka 2019, Senin (17/8/2020).

Ia menambahkan, proses seleksi sebetunya sama dengan paskibraka lain. Dimulai dari tingkat sekolah hingga ke tingkat nasional.

“Dari tingkat sekolah, ke kecamatan, kabupaten, alhamdulillah masuk lima besar di provinsi dan mewakili Jateng untuk nasional.”

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pengalaman Saat Membawa Baki

Paskibraka, Paskibraka 2019, Paskibraka Nasional 2019, Pembawa Baki 2019, Pembawa Baki Paskibraka Nasional 2019, Salma El Mutafaqqiha Putri Achzaabi
Perbesar
Salma, Paskibraka Nasional 2019 dari Jawa Tengah (Aditya Eka Prawira/Liputan6.com)

Pengalaman menjadi pembawa baki tahun lalu akan selalu dikenang oleh Salma. Ia bersyukur karena telah mendapatkan posisi tersebut. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan selama membawa baki Bendera Pusaka.

“Harus fokus, bawa baki enggak boleh miring-miring, terus harus senyum dari awal sampai akhir dan pandangan lurus ke depan.”

Bagian yang cukup menegangkan adalah ketika pembawa baki naik dan turun tangga. Saat proses itu, Salma mengaku menghitung anak tangga agar langkahnya tepat.

“Enggak takut jatuh sih karena sudah latihan. Kesulitanya mungkin harus mengalir, halus, dan enggak boleh kasar.”

Saat berhadapan dengan Presiden Joko Widodo ia juga tidak merasa tegang. “Karena saat pengukuhan sudah sempat bertemu dan berjabat tangan,” katanya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Simak Video Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓