Sukses

Profil Paskibraka Dhea, Anak TKI Jadi Komandan Upacara Pengukuhan di Istana Negara

Komandan Upacara pengukuhan Paskibraka oleh Jokowi bernama Dhea Lukita Andriana

Liputan6.com, Jakarta - Delapan anggota Paskibraka 2019 yang kembali dipanggil untuk bertugas di Istana Merdeka resmi menyandang status baru, Paskibraka Nasional 2020.

Mereka dikukuhkan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara pada Kamis, 13 Agustus 2020. Adapun yang bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Dhea Lukita Andriana.

Dhea Lukita Andriana adalah Paskibraka wakil Jawa Timur. Saat ini, dia tercatat sebagai siswi SMA Negeri 1 Ngunut.

Dia kembali terpilih setelah pihak Kementerian Pemuda dan Olahraga memutuskan tahun ini. Pemilihan anggota Paskibraka ditiadakan dan hanya menugaskan delapan anggota Paskibraka 2019 sebagai pengibar dan penurun bendera pusaka di Istana Negara pada perayaaan Kemerdekaan RI, 17 Agustus 2020, dilansir dari Antara.

 

Simak Video Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Profil Paskibraka Dhea Lukita Andriana

Dhea Lukita Andriana siswi kelas XII SMAN 1 Ngunut, Tulungagung, Jawa Timur. Dia anak dari pasangan Salim Rajun dan Nursiah. Kedua orang tuanya bekerja sebagai TKI di Taiwan dan Malaysia. Kesehariannya, Dhea tinggal bersama sang kakek.

Menjadi anggota paskibraka menjadi cita-cita Dhea sejak kecil, hingga kesempatan itu datang pada 2019, di mana ia mengikuti serangkaian seleksi dari tingkat kabupaten hingga pusat. Seleksi berhasil dia jalani dengan optimal dan terpilih ke tingkat nasional bersama siswa asal Batu, Malang.

Dhea mengaku tak pernah membayangkan bakal kembali diberi kepercayaan untuk menjadi petugas Paskibraka 2020, dampak pandemi COVID-19 yang memaksa pemerintah melakukan pembatasan aktivitas formal yang berpotensi melibatkan banyak orang, termasuk dalam hal perayaan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.