Sukses

Kata Peneliti LIPI Soal Vaksin COVID-19 Rusia: Bagaimana pun Uji Klinis Tetap Diperlukan

Wien menambahkan, apabila efektivitas suatu vaksin tidak mencapai 50 persen, maka produk tersebut bisa dianggap gagal.

Liputan6.com, Jakarta Rusia kemarin menyatakan bahwa mereka siap menggunakan vaksin COVID-19 buatan lokal secara massal.

Presiden Rusia Vladimir Putin bahkan mengatakan, vaksin COVID-19 yang mereka beri nama Sputnik V ini terbukti efisien dan mampu membentuk kekebalan tubuh dengan stabil.

Namun, banyak peneliti dunia yang mengkritik mengenai keterbukaan data terkait uji klinis vaksin COVID-19 buatan Rusia ini. Beberapa bahkan meragukan keamanannya mengingat waktu peluncurannya yang kurang dari setahun.

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Wien Kusharyoto mengatakan bahwa hingga saat ini, belum ada laporan ilmiah yang lengkap terkait studi vaksin yang dibuat di Rusia ini

"Sayangnya (vaksin) yang dari Rusia hasil uji klinis tahap kedua belum ada report-nya," ujarnya saat dihubungi oleh Health Liputan6.com pada Rabu (12/8/2020).

Saksikan juga Video Menarik Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Harus Ada Uji Klinis

Yang baru diketahui Wien pun sebatas bahwa vaksin yang dikembangkan Gamaleya Institute ini merupakan kombinasi adenovirus Ad5 dan Ad26 yang membawa protein virus SARS-CoV-2, hampir mirip dengan vaksin yang dikembangkan Oxford dan AstraZeneca serta CanSino.

Wien mengatakan, bagaimana pun sebuah vaksin tetap memerlukan uji klinis untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya.

"Kalau kita tidak tahu efektivitasnya, kita juga tidak tahu apakan herd immunity akan tercapai atau tidak," kata Wien yang juga Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan dan Protein Desain LIPI ini.

Wien menambahkan, apabila efektivitas suatu vaksin tidak mencapai 50 persen, maka produk tersebut bisa dianggap gagal.

Ia menambahkan, dalam situasi darurat pun penggunaan kemungkinan bisa dilakukan namun hanya pada kalangan terbatas. Salah satu contohnya adalah seperti vaksin CanSino buatan Tiongkok yang usai uji klinis tahap kedua, baru bisa diberikan hanya untuk kalangan militer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.