Sukses

Tips Mencegah Mimpi Buruk yang Bikin Tubuh Lelah

Bagi Anda yang masih mengingat jelas mimpi buruknya, mungkin akan terus teringat akan pengalaman tidak menyenangkan tersebut dan akan sulit untuk tidur kembali.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda mengalami mimpi buruk hingga saat terbangun jantung berdebar-debar dan bangun dari tidur tidak membuat Anda segar. Anda mungkin masih bisa mengingat mimpi buruk Anda atau tidak, namun hal pertama yang Anda lakukan saat membuka mata pasti menyadari bahwa itu hanya mimpi buruk.

Kemudian Anda akan turun dari kasur untuk minum segelas air. Bagi Anda yang masih mengingat jelas mimpi buruknya, mungkin akan terus teringat akan pengalaman tidak menyenangkan tersebut dan akan sulit untuk tidur kembali.

Mimpi buruk tidak hanya mengganggu siklus tidur kita (dan mendatangkan malapetaka pada kualitas tidur yang kita dapatkan), mimpi buruk juga mengguncang kita sepenuhnya, khususnya jika Anda mengalaminya sebelum bangun. Keadaan bisa menjadi lebih buruk jika mimpi buruk sering membangunkan Anda di malam hari, sangat mengacaukan siklus tidur Anda dan menyebabkan Anda sangat tertekan, bahkan pada siang hari.

Tapi Anda tidak perlu cemas, karena para ahli memberikan tips mencegah Anda kembali mengalami mimpi buruk. Adapun tips dari Dr. Niharika Yadav, yang mengadakan webinar tentang ‘Unlocking the power of sleep and dreams’ untuk mengungkap mimpi buruk dan membantu melawannya, yaitu sebagai berikut, dilansir dari TimesofIndia.

Perlu dicatat bahwa meskipun mimpi buruk adalah bagian tak terpisahkan dari pengalaman manusia, jika Anda dihantui oleh mimpi buruk yang nyata yang membuat Anda merasa lelah, cemas, dan lelah hampir setiap hari, Anda mungkin perlu memberi perhatian khusus pada kebiasaan tidur Anda.

Sehingga penting untuk memiliki tidur yang nyenyak untuk mencegah mimpi buruk. Kurang tidur dan perubahan jadwal yang menyebabkan jam tidur tidak teratur dapat menyebabkan mimpi buruk yang mengganggu.

Jika Anda belum bisa tidur nyenyak, itu menjadi lingkaran setan karena mimpi buruk membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak juga. Berikut ini 5 hal kebiasaan untuk meningkatkan kulaitas tidur Anda dan membantu Anda menghentikan dari mimpi buruk.

Simak Video Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jauhi Ponsel

1. Jauhi ponsel setidaknya satu jam sebelum waktu tidur

Sinar biru yang dihasilkan dari layar ponsel bisa mengganggu kualitas tidur Anda. Jika lain kali Anda diganggu oleh mimpi buruk, jauhi gadget dan layar setelah jam 10 malam atau setidaknya satu jam sebelum waktu tidur. Cahaya biru yang dipancarkan dari perangkat digital Anda sebenarnya mengacaukan produksi melatonin - hormon yang mengatur tidur Anda.

2. Mandi air hangat sebelum tidur

Mandi air hangat setidaknya 90 menit sebelum waktu tidur akan menurunkan suhu inti tubuh dan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Ya, mandi satu hingga dua jam lebih awal dari waktu tidur Anda merangsang sistem termoregulasi tubuh dan suhu inti turun. Ini mengarah pada peningkatan produksi melatonin yang membantu Anda tidur nyenyak.

3. Jangan ada kafein di malam hari

Jika Anda sedang berjuang melawan mimpi buruk, penting bagi Anda untuk menghindari secangkir kopi atau teh panas setelah jam 2 siang. Ingat, kafein adalah stimulan dan dapat menyebabkan gangguan tidur dengan meningkatkan produksi adrenalin. Akibatnya, otak Anda menjadi lebih aktif saat Anda terbaring dan mengarah pada mimpi buruk.

4. Tenangkan pikiran Anda sebelum pergi tidur

Kami memproses begitu banyak emosi yang berbeda sepanjang hari dan tidak semuanya positif. Ketika Anda langsung pergi tidur sebelum mengesampingkan pikiran-pikiran yang mengganggu ini atau bahkan mempersiapkan tubuh Anda untuk waktu tidur, Anda mungkin akhirnya akan memimpikannya.

Oleh karena itu, disarankan untuk mengembangkan rutinitas malam hari yang akan membantu pikiran dan tubuh Anda untuk tenang dan bersiap untuk tidur. Anda dapat mendengarkan musik yang menenangkan, mematikan lampu, bermeditasi, menyalakan lilin beraroma atau bahkan membaca buku. Anda juga dapat membuat jurnal jika itu menenangkan Anda dan memberi Anda kedamaian.

5. Ikuti jadwal tidur yang ditetapkan

Ini adalah nasihat lama, tetapi tetap ampuh. Pilih waktu tidur dan waktu bangun sesuai rutinitas Anda dan pastikan Anda mematuhinya, bahkan di akhir pekan. Ketika Anda menetapkan waktu bangun dan waktu tidur yang tetap, tubuh Anda perlahan-lahan akan terbiasa dengan rutinitas tidur yang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Mimpi buruk atau nightmares adalah mimpi yang mengganggu dan terasa nyata. Anda dapat terbangun dari tidur nyenyak dengan rasa takut

    Mimpi Buruk

  • tidur